ANALISIS PENGAWASAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DALAM MEMINIMALISIR TERJADINYA KREDIT BERMASALAH (Studi pada Bank Jatim Cabang Tulungagung Periode 2010-2013)

Authors

  • Devi Aprilianawati

Abstract

This research is aimed to evaluate the supervision of Kredit Usaha Rakyat (KUR) in Bank Jatim Cabang Tulungagung and to determine the proper supervision procedures that must be performed to minimize the risk of non performing loans. This research applies descriptive method to examine the case of credit supervision in Bank Jatim Cabang Tulungagung. Focuses in the study are: 1) Non Performing Loans on Bank Jatim Cabang Tulungagung, 2) The supervision of Kredit Usaha Rakyat in Bank Jatim Cabang Tulungagung by preventive and repressive control of credit. The findings showed that preventive and repressive control of credit in Bank Jatim Cabang Tulungagung have performed properly. However, the implementation of preventive control need to be improved because the time allocated to apply the control tend to be limited. Beside, in the repressive control of credit, the bank directly implements liquidation method. The method is supposedly implemented after rescheduling, reconditioning, an restructuring have been applied. Keywords: Credit, Supervision Credit, NPLABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengawasan Kredit Usaha Rakyat pada Bank Jatim Cabang Tulungagung dan mengetahui pengawasan Kredit Usaha Rakyat yang seharusnya dilakukan Bank Jatim Cabang Tulungagung dalam meminimalisir terjadinya kredit bermasalah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus yang mengambil lokasi penelitian di Bank Jatim Cabang Tulungagung. Fokus penelitian ini difokuskan pada: 1) Kredit Bermasalah pada Kredit Usaha Rakyat Bank Jatim Cabang Tulungagung, 2) Pengawasan Kredit Usaha Rakyat yang dilakukan oleh Bank Jatim Cabang Tulungagung dengan cara preventive control of credit dan repressive control of credit. Hasil penelitian adalah pengawasan kredit secara preventif dan represif pada Bank Jatim Cabang Tulungagung sudah baik, namun terdapat kekurangan dalam pengawasan preventif antara lain, pada tahap permohonan kredit masih terdapat kelemahan di dalam penentuan plafon kredit yaitu keterbatasan waktu dan kurangnya jumlah personil staff kredit. Selain itu, pada pengawasan represif juga terdapat kekurangan di dalam tindakan penyelamatan kredit bermasalah antara lain belum dilakukan secara rescheduling, reconditioning, dan restructuring. Kata kunci: Kredit, Pengawasan Kredit, NPL

Downloads

Published

2014-05-13

Issue

Section

Articles