FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO FASHION DI JEJARING SOSIAL FACEBOOK (Survei pada Konsumen Toko Fashion di Jejaring Sosial Facebook yang berlokasi di Indonesia)

Authors

  • Eunike Verina

Abstract

This study aimed to determine the atmospheric variables, product, price, promotion, service, trust, and consumer characteristics partially and simultaneously, as well as to determine the dominant factors that influence the purchasing decisions in a fashion store in the Facebook social network. The results showed that the atmospheric, product, price, promotion, service, trust, and consumer characteristics variables simultaneously influence the purchasing decisions in a fashion store on social media Facebook. This is demonstrated by the significant value of less than 0.05 is equal to 0.000. Partially a positive and significant effect is atmospheric variables, promotion, confidence, and consumer characteristics. Variable product, price, and service positive but not significant effect. Most influential variableis the dominant consumer characteristic variables with significance 0.000.

Keywords: atmospheric, product, price, promotion, service, trust, consumer characteristics,purchasing decisions, fashion, social network, Facebook

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel atmosfer, produk, harga, promosi, pelayanan, kepercayaan, dan karakteristik konsumen secara parsial dan simultan, serta untuk mengetahui faktor yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko fashion di jejaring sosial Facebook.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel atmosfer, produk, harga, promosi, pelayanan, kepercayaan, dan karakteristik konsumen secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko fashion di jejaring sosial Facebook. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Secara parsial yang berpengaruh positif dan signifikan adalah variabel atmosfer, promosi, kepercayaan, dan karakteristik konsumen.Variabel produk, harga, dan pelayanan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan.Variabel yang berpengaruh paling dominan adalah variabel karakteristik konsumen dengan signifikansi 0.000.

Kata kunci : atmosfer, produk, harga, promosi, pelayanan, kepercayaan, karakteristik konsumen, keputusan pembelian, fashion,  jejaring sosial, Facebook

Downloads

Published

2014-05-09

Issue

Section

Articles