ANALISIS MANAJEMEN KREDIT GUNA MEMINIMALISIR KREDIT BERMASALAH (Studi pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu)

Authors

  • Oktavia Anggra Dewi

Abstract

Activity to distribute the fund or credit does not release from Non Perfoming Loans risk which is occurred by debitors could not repay their debts to the bank. Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu is not in spite of occurrences of Non Perfoming Loans,to avoid it therefore banks need a credit management to minimize Non Perfoming Loans. The results of this study indicate that credit management which is used in Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu has not been effectively to minimize Non Performing Loans yet, it can be seen by the presantage of Non Performing Loans in 2010-2012 period it has increased significantly in 2010 of 0%, in 2011 increase of 0,72%, and in 2012 increase of 1,99%. Credit management which is applied covering by credit planning, interest rate determination, credit procedure, loans credit analysis, and credit monitoring.The effort of recovering Non Performing Loans which is done by Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu includes by managing the dibitors, giving warning letter once up to twice the costumers, rescheduling, reconditioning. Key Words: credit management, non performing loansABSTRAK Kegiatan penyaluran dana atau kredit tentunya tidak terlepas dari risiko kredit bermasalah yang ditimbulkan dari ketidakmampuan debitur dalam melunasi kreditnya kepada pihak bank. Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu juga tidak terlepas dari kredit bermasalah, untukmenghindarihal tersebut maka bank membutuhkan suatu manajemen kredit guna meminimalisir kredit bermasalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kredit yang diterapkan Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu belum efektif dalam meminimalisir kredit bermasalah, hal ini terlihat dari persentase Non Performing Loan (NPL) pada periode 2010-2012 yang menunjukkan  peningkatan yaitu  pada  tahun 2010 sebesar 0%, pada tahun 2011 sebesar 0,72%, dan pada tahun 2012 sebesar 1,99%.Manajemen kredit yang diterapkan meliputi perencanaan kredit, penetapan suku bunga kredit, prosedur pemberian kredit, analisis pemberian kredit, dan pengawasan kredit. Upaya penyelamatan kredit bermasalah yang dilakukan Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu meliputi pembinaan kepada debitur, pemberian surat peringatan pada nasabah 1-2x, penjadwalan  kembali (rescheduling), persyaratan kembali (reconditioning), penataan kembali (restructuring), dan penyitaan jaminan. Kata Kunci: manajemen kredit, kredit bermasalah  

Downloads

Published

2014-04-25

Issue

Section

Articles