ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE RISK-BASED BANK RATING (RBBR) (Studi pada Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam IHSG Sub Sektor Perbankan Tahun 2012)

Authors

  • Hening Asih Widyaningrum

Abstract

The research objective is to understand bank’s health rate that are listed in Indonesia Stock Exchange in banking sub-sector period 2012. Bank’s health rate is assessed through Risk-Based Bank Rating method which includes four factors such as risk profile, Good Corporate Governance,, earning and capital of each bank. This research only considers two factors of four total factors Earning is measured by ratio of Return On Asset (ROA) to Net Interest Margin (NIM), Capital is proxied by Capital Adequacy Ratio (CAR). The assessment of bank’s health rate based on earning with Return On Asset analysis has shown that some banks are not healthy with Return On Asset below 1.25 %. The assessment with Net Interest Margin indicates that some banks are healthy. The assessment based on capital by Capital Adequacy Ratio shows positive result for each bank. In general, each bank has Capital Adequacy Ratio aboved 10 %. Considering these results, each bank in healthy category.

Keywords: Bank’s Health Rate, Risk-Based Bank Rating

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam sub sektor perbankan tahun 2012. Penilaian dengan metode Risk-Based Bank Rating terdiri dari empat faktor risk profile, Good Corporate Governance, earning dan capital dari setiap bank. Penelitian ini melakukan penilaian terhadap dua faktor dari keempat faktor yang ada, yakni earning dengan rasio Return On Asset (ROA) dan Net Interest Margin (NIM), serta capital dengan Capital Adequacy Ratio (CAR). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian desktiptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari Return On Asset menunjukkan masih terdapat bank yang tidak sehat dengan nilai Return On Asset di bawah 1,25%. Penilaian Net Interest Margin menunjukkan keseluruhan bank yang menjadi sampel penelitian dapat digolongkan ke dalam bank sehat. Penilaian terhadap faktor capital dengan rasio Capital Adequacy Ratio menunjukkan hasil yang positif pada setiap bank, secara keseluruhan setiap bank memiliki nilai Capital Adequacy Ratio di atas 10% sehingga masuk ke dalam bank sehat.

Kata kunci: Tingkat Kesehatan Bank, Risk-Based Bank Rating

Downloads

Published

2014-04-25

Issue

Section

Articles