ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN BADAN USAHA MILIK NEGARA (Studi Pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar Di BEI Periode 2010-2012)

Authors

  • Dwi Sesanti Kusumawardani

Abstract

This research is motivated because of the increasing number of companies in Indonesia that develops in the trade sector which requires the evaluation of financial performance. The government appointed State-Owned Enterprises (SOEs) as the main pillar of the economy in Indonesia. Financial ratio analysis is one of the most common methods used. However, analysis of financial ratios are generally different from the ratio analysis contained in the Decree of the Minister of SOEs Number: KEP-100/MBU/2002. The purpose of this study was to determine the financial performance of state-owned companies listed on the Stock Exchange by financial ratio analysis period 2010-2012. This research is a type of research that is taken by purposive sampling (samples intended) on the state-owned company that has been listed on the Indonesia Stock Exchange. The results of this study indicate that the state-owned company that has a good performance in managing finances is a company engaged in the cement sector, because the state-owned company engaged in the cement sector has the highest score compared to the state-owned company engaged other sector. Based on the results of research conducted, the state-owned enterprises should improve the level of financial health for the period of the next year.

Keywords : financial ratios, financial performance

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi karena semakin banyaknya perusahaan di Indonesia yang berkembang pada sektor perdagangan yang membutuhkan adanya evaluasi kinerja keuangan. Pemerintah menunjuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai penopang utama dalam perekonomian di Indonesia. Analisis rasio keuangan adalah salah satu metode yang paling umum digunakan. Akan tetapi analisis rasio keuangan pada umumnya berbeda dengan analisis rasio yang terdapat pada Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: KEP-100/MBU/2002. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI berdasarkan analisis rasio keuangan periode 2010-2012. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian yang diambil secara purposive sampling (sampel bertujuan) pada perusahaan BUMN yang telah listing di Bursa Efek Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan BUMN yang memiliki kinerja yang baik dalam mengelola keuangannya yaitu perusahaan yang bergerak di sektor semen, karena perusahaan BUMN yang bergerak di sektor semen memiliki skor tertinggi dibandingkan perusahaan BUMN yang bergerak disektor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka perusahaan-perusahaan BUMN sebaiknya meningkatkan tingkat kesehatan keuangannya untuk periode tahun selanjutnya.

Kata Kunci : rasio keuangan, kinerja keuangan


Downloads

Published

2014-04-22

Issue

Section

Articles