ANALISIS KINERJA MANAJEMEN PERUSAHAAN BERDASARKAN KEPMEN NOMOR 100 TAHUN 2002 MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Pada PT Candi Baru Sidoarjo)

Authors

  • Dwinta Bhagia Sela

Abstract

This research aims to find out and analyze the management activities in a factory based on KepMen Number 100 year of 2002 using balanced scorecard method. The kind of research which is used in this research is descriptive method. This research is applied to PT Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo. The data which is used in this research is primary secondary data. The technique of data collection is using interview, documentation and through book studying. The data analysis which is used inthis scoring activities in Pabrik Gula Candi Baru based on KepMen No 100 year of 2002 using balanced scorecard method. The analysis to each balances scorecard perspectivecomprises finance perspective. Consumer perspective consist of market share, customer acquisition, customer retention, customer satisfaction, and customer profitability. Internal business process perspective consist of operational process. Learning and the growth of the company perspective consist of the labour productivity and labour retention. The result of this research shows that PT Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo have a great work through those four perspective wich have been researched. Key word: Finance perspective, Consumer perspective, Internal business process perspective, Learning and growth perspective . Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja manajemen perusahaan berdasarkan KEPMEN Nomor 100 Tahun 2002 menggunakan metode balanced scorecard. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada PT. Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan dalam menggambarkan dan menganalisis pengukuran kinerja Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo berdasarkan KEPMEN Nomor 100 Tahun 2002 menggunakan metode balanced scorecard. Analisis pada masing-masing perspektif balanced scorecard meliputi perspektif keuangan terdiri dari ROE, ROI, Cash Ratio, Current Ratio, Collection Periods, Perputaran Persediaan, Perputaran Total Asset, dan Rasio Total Modal Sendiri terhadap Total Aktiva. Perspektif pelanggan terdiri dari akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, dan tingkat profitabilitas pelanggan. Perspektif proses bisnis internal terdiri dari proses operasi. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan terdiri dari retensi karyawan dan produktivitas karyawan. Hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa PT. PG Candi Baru Sidoarjo memiliki kinerja yang baik atas empat perspektif yang telah diteliti. Kata kunci : Perspektif keuangan, Perspektif pelanggan, Perspektif proses bisnis internal, Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.

Downloads

Published

2014-04-04

Issue

Section

Articles