PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN NON FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Pada Karyawan PT. Telkomsel Area III Jawa-Bali Nusra di Surabaya)

Authors

  • Yacinda Chresstela Prasidya Norianggono

Abstract

This research aims to describe and explain the work environment of a company that will have an effect on performance. This research is an explanatory research with quantitaive approach. Location of this research is in PT. Telkomsel Area III Jawa-Bali Nusra Surabaya. Population of this research is 310 employee from finance and administration dan marketing area department with 75 employee for the sample. Data analysis that used in this research are descriptive statistic analysis and inferential statistic analysis,  that used is multiple regression analysis. Physical work environment variables have a significant and positive effect on employee performance variables and non physical work environment variables hadn’t have a significant on employee performance variables. Physical and the non physical work environment simultaneously had a significant influence on employee it means that, if the physical and non physical work environment are going well together, it will enhance employee performance of PT. Telkomsel Area III Jawa-Bali Nusra in Surabaya.

Key word : Physical work environment, non physical work environment, employee performance

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh lingkungan kerja dari suatu perusahaan terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada PT. Telkomsel Area III Jawa-Bali Nusra di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan dari bagian finance and administration dan marketing area departement pada PT. Telkomsel Area III Jawa-Bali Nusra di Surabaya, dengan jumlah 310 karyawan dan jumlah sampel sebesar 75. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial, analisis statistik inferensial yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Variabel lingkungan kerja fisik mempunyai pengaruh yang signifikan dan berpengaruh positif terhadap variabel kinerja karyawan dan variabel lingkungan kerja non fisik mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap variabel kinerja karyawan. Lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan yang berarti bahwa jika lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik berjalan dengan baik secara bersama-sama, maka akan meningkatkan kinerja karyawan PT. Telkomsel Area III Jawa-Bali Nusra kota Surabaya.

Kata kunci : lingkungan kerja fisik, lingkungan kerja non fisik, kinerja karyawan

Downloads

Published

2014-03-24

Issue

Section

Articles