PENGARUH PERIKLANAN TERHADAP FAKTOR PSIKOLOGIS YANG BERDAMPAK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2011/2012 dan 2012/2013 Universitas Brawijaya Malang yang Membeli Provider X

Authors

  • Yolisa Rizky Permatasari

Abstract

The objectives of research are to acknowledge and to explain the influence of Advertising which consists of variables of Message Content, Message Structure, Message Format, and Message Source on Psychological Factor, to understand and to explain the influence of Advertising which consists of variables of Message Content, Message Structure, Message Format, and Message Source on Purchasing Decision. To figure out which of Advertising variables with prominent influence on Psychological Factor and Purchasing Decision. Data analysis techniques used in this research include descriptive analysis and path analysis. Sample technique is Simple Random Sampling. The number of sample is 67 respondents who use Provider XL. Result of research indicates that the variables of Message Content, Message Structure, Message Format, and Message Source have positive and significant influence on Psychological Factor. The variables of Message Content, Message Structure, and Message Format have positive and significant influence on Purchasing Decision. Meanwhile, the variable of Message Source provides indirect influence on Purchasing Decision Power through Psychological Factor. The variable of Psychological Factor have positive and significant influence on Purchasing Decision. Keyword : Advertising, Psychological Factor, Purchasing Decision ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Periklanan yang terdiri dari variabel Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, Sumber Pesan terhadap Aspek Psikologis, mengetahui dan menjelaskan pengaruh Periklanan yang terdiri dari variabel Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, Sumber Pesan terhadap Keputusan Pembelian, Mengetahui variabel pada Periklanan yang mempunyai pengaruh terhadap Aspek Psikologis dan Keputusan Pembelian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis). Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Simple Random Sampling, dengan jumlah sampel 67 orang responden yang menggunakan provider XL. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, dan Sumber Pesan berpengaruh positif dan signifikan terhadap  Faktor Psikologis. Variabel Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan, variabel Sumber Pesan memberikan pengaruh tidak langsung terhadap Keputusan Pembelian melalui Faktor Psikologis. Variabel  Faktor Psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kata kunci : Periklanan, Faktor Psikologis, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2014-03-19

Issue

Section

Articles