PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada warga Desa Kabongan Kidul Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang yang pernah Memilih Jasa Transpotasi PO Nusantara rute Cepu-Blora-Rembang-Jakarta)

Authors

  • Nur Ikhsan Putranto

Abstract

Based on the results of testing conducted by multiple linear regression analysis can be aware that independent variables are jointly composed of the Product, Price, Promotion, Place, People, Process, and Customer Service,  has a significant influence on The Structure of Selecting Decision to the value Adjusted R Square which amounted to 71,1%. Research results also showed that in Partial Test have a positive influence there is influence significant and not significant among independent variables of Service Marketing Mix to The Structure of Purchasing Decision. Variables that has significant influence to The Structure of Purchasing Decision are Price as much as 95,4 %; Place as much as 97,3 %; People as much as 95,8 %; and Customer Services as much as 98,9 %. While variables that have not significant influence to The Structure of Purchasing Decision are Product as much as 54,1 %; Promotion as much as 27,6 %; and Process as much as 71,3 %. Can be known that Customer Services variable have dominant influence against The Structure of Purchasing Decision compared with other variables with the highest percentage is as much as 98,9 %. This means that on the Service Marketing Mix, Customer Services variable is preferred by consumers. Keywords: Influence, Service Marketing Mix, and Purchasing Decision.ABSTRAK Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa secara bersama-sama variabel bebas yang terdiri dari Produk, Harga, Promosi, Tempat, Orang, Proses, dan Layanan Pelanggan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Pembelian dengan nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 71,1%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara sendiri-sendiri mempunyai pengaruh positif terdapat pengaruh yang signifikan dan tidak signifikan antara variabel bebas dari Bauran Pemasaran Jasa terhadap Struktur Pembelian. Variabel yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap Struktur Pembelian yaitu Harga sebesar 95,4%; Tempat sebesar 97,3%; Orang sebesar 95,8%; dan Layanan Pelanggan sebesar 98,9%. Sedangkan variabel yang mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian yaitu Produk sebesar 54,1%; Promosi sebesar 27,6%; dan Proses sebesar 71,3%. Dapat diketahui bahwa variabel Layanan Pelanggan memiliki pengaruh yang dominan terhadap Struktur Pembelian dibandingkan dengan variabel lainnya dengan persentase tertinggi yaitu sebesar 98,9%. Hal ini berarti bahwa pada Bauran Pemasaran Jasa, variabel Layanan Pelanggan lebih diutamakan oleh konsumen. Kata kunci: Pengaruh, Bauran Pemasaran Jasa, dan Keputusan Pembelian.

Downloads

Published

2014-03-19

Issue

Section

Articles