PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA (Survei pada Masyarakat yang Bekerja di Pabrik Gula Kebon Agung yang Bertempat Tinggal di Daerah Kebon Agung Malang)

Authors

  • Novi Nur Indah Sari

Abstract

This study aims to determine and analysis the effect of Corporate Social Responsibility (CSR) for Image. The variable in this study is the independent variable consists of Community Involvement, Making The Product That Can be Responsibility as a Sociality and Employee Relations and the dependent variable is the Corporate Image. This research is eksplanatory reseach. Sampling technique is simple random sampling. The sample in this study is a Public Working at PG Kebun Agung Staying Housed in Kebun Agung Malang area and the number of samples in this study a number of 69 respondents. Data collection techniques in this study are questionnaires and interviews. The analysis used in this study is a multiple linear regression analysis. The results showed that the concept of CSR is Variable Community Involvement, Making The Product That Can be Responsibility as a Sociality and Employee Relations simultaneously and partially significant effect on Corporate Image. Community Involvement variable is the variable that most large and dominant influence on the Corporate Image variable.

Keywords : Corporate Social Responsibility ( CSR ), Image

ABSTRAKS

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Tanggung Jawab Sosil Perusahaan (CSR) terhadap Citra. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu Keterlibatan Komunitas, Pembuatan Produk yang Bisa Dipertanggungjawabkan Secara Sosial dan Hubungan Karyawan. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu Citra Perusahaan. Jenis penelitian adalah eksplanatory reseach. Teknik pemgambilan sampel yaitu simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah masyarakat yang bekerja di PG Kebon Agung yang bertempat tinggal di daerah Kebon Agung Malang yang berjumlah 69 orang responden. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel CSR yaitu Keterlibatan Komunitas, Pembuatan Produk yang Bisa Dipertanggungjawabkan Secara Sosial dan Hubungan Karyawan secara simultan dan parsial berpengaruh secara signifikan terhadap Citra Perusahaan. Variabel Keterlibatan Komunitas merupakan variabel yang pengaruhnya paling besar terhadap pembentukan Citra Perusahaan.

Kata Kunci: Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR), Citra

Downloads

Published

2014-03-12

Issue

Section

Articles