PENGARUH INTERNATIONAL BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Pengguna iPhone di Lingkungan Mahasiswa Universitas Brawijya)

Authors

  • Zerly Agna Mahera

Abstract

This research aime to determine the effect of the International Brand Image and Product Quality to thePurchasing Decision. Exogenous variables used in this study is International Brand Image, Product Quality , while the endogenous variables in this study are Purchasing Decisions. The type of research is explanatory research with quantitative approach. Location of the study was conducted at the Brawijaya Univercity, student iPhone owners. The sampling technique of this research used accidental sampling. Data analysis techniques in this study used multiple linear regression analysis with the t test and F test. The result of this research show that Fcalculate>Ftable = 30,629>30,077. Based on the analysis of the correlation coefficient of 0,593 and coefficient of determination obtained results Rsquare=0,352 amounted to 35,2% of variable Purchase Decisions are influenced by the free variables International Brand Image and Product Quality , 64,8% variable purchasing decisions influenced by other variables. The correlation coefficient has a value of R(correlation coefficient) of 0,593. There is a significant influence in partial (individual) on the free variable (International Brand Image and product quality) of purchase decision. Each has value tcalculate>ttable of 2,374>1,981 and 2,445>1,981. With the significance value smaller than α = 0.05 namely 0,019 and 0,16. Key Words : International Brand Image, Product Quality, Purchase Decision. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adanya International Brand Image dan Kualitas produk terhadap Keputusan Pembelian. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah International Brand Image dan Kualitas Produk, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Universitas Brawijaya, pada mahasiswa yang memiliki iPhone. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier secara parsial dan berganda dengan uji t dan uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Fhitung>Ftabel yaitu 30,629>30,077,  berdasarkan analisis koefisien korelasi sebesar 0,593 dan koefisien determinasi diperoleh hasil Rsquare (koefisien determinasi) sebesar 0,352 artinya bahwa 35,2% variabel Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh variabel bebas yaitu International Brand Image dan Kualitas Produk, sedangkan sisanya 64,8% variabel Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh variabel lain. Koefisien korelasi memiliki nilai R (koefisien korelasi) sebesar 0.593. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial (individu) pada variabel bebas (International Brand Image dan Kualitas Produk) terhadap Keputusan Pembelian. Masing-masing memilki nilai thitung> ttabelyaitu sebesar 2,374>1,981 dan sebesar 2,445>1,981dengan nilai signifikansi lebih kecil dari α = 0.05 yaitu 0,019 dan 0,016. Kata Kunci : International Brand Image, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2014-02-27

Issue

Section

Articles