PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bontang)

Authors

  • Arga Satria Antasari Science of Administration Business Brawijaya University
  • . Kertahadi
  • . Riyadi

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel penggunaan internet banking secara simultan, untuk mengetahui pengaruh variabel penggunaan internet banking secara parsial, dan untuk mengetahui variabel dari penggunaan internet banking yang memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan nasabah. Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah kebebasan, kesenangan, dan keamanan sebagai variabel bebas dan kepuasan nasabah sebagai variabel terikat. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan analisis regresi parsial. Sampel yang diambil berjumlah 99 nasabah. Variabel kebebasan, variabel kesenangan  dan variabel keamanan terbukti berpengaruh secara simultan terhadap variabel kepuasan nasabah. Variabel kebebasan, variabel kesenangan dan variabel keamanan  terbukti berpengaruh secara parsial terhadap variabel kepuasan nasabah. Variabel kebebasan memiliki pengaruh yang dominan terhadap kepuasan nasabah. Kebebasan memang merupakan yang paling penting dalam internet banking karena dapat memudahkan nasabah berinteraksi dengan bank, internet banking mempercepat transaksi perbankan, dan internet banking dapat digunakan untuk transaksi perbankan yang tersedia.

Kata kunci : kebebasan, kesenangan, keamanan, kepuasan nasabah

Abstract

This research intent to know purpose variable influence Internet Banking  simultaneously, to know purpose variable Internet Banking Internet  partially, and to know variable of purpose Internet Banking one that have dominant influence to customer satisfaction. Variables in observational it independence, convenience and security, as variable as free and customer satisfaction as variable as bonded. Analysis is data that is utilized is analysis descriptive, analysis tests classic assumption, analysis is bifilar linear regression and analysis is partial regression. Sample that taken by total 99 customer. independence, convenience, and security, evident influential simultaneously to customers satisfaction variable. independence, convenience, and security variable evident influential partially to customers satisfaction variable. Variable independence ding to have dominant influence to customer satisfaction. Independence really constitutes most importantly in Internet Banking since gets to make easy customer gets interaction with bank,  Internet Banking hastening banking transactions, and Internet Banking  can be utilized for available banking transactions without has direct coming go to bank and get at transactions whenever.

Keyword : independence, convenience, security, customer satisfaction

Downloads

Published

2013-06-05

Issue

Section

Articles