PENGARUH PELAKSANAAN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Konsumen AMDK Narmada Di Kota Mataram)

Authors

  • Dio Martha Prihandono

Abstract

This study aims to determine the effect of advertising on purchasing decisions implementation either jointly or partially , the variable that has the most dominant and the public perception of Mataram City to the advertising done by PT Narmada Ageless . The independent variables used in this study is the print media, electronic media, and the outdoor media, while the dependent variable used in this study is the buying decision. The method used in this research is descriptive quantitative research methods. The results of the F test in this study showed sig F value of  is equal to 0.001 , which means simultaneously/concurrently , the variables significant effect on buying decision variable. T test results showed that the print media variables and electronic media significant influence , while the outdoor media does not significantly influence the purchase decision . Incorporating the impact of variables such as communication on consumer response AIDA (attention , interest, desire , action ) , a hierarchy - of- effects model and the communication model may provide a more meaningful contribution to the similar research.

Keywords: Advertising and Purchasing Decisions

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan advertising terhadap keputusan pembelian baik secara bersama-sama maupun parsial, variabel yang memiliki pengaruh paling dominan serta persepsi masyarakat Kota Mataram terhadap periklanan yang dilakukan oleh PT Narmada Awet Muda. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah media cetak, media elektronik, dan media luar ruangan, sedangkan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil dari uji F pada penelitian ini menunjukkan nilai sig F yaitu sebesar 0.001, yang berarti secara simultan/serentak, variabel-variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel media cetak dan media elektronik berpengaruh secara signifikan, sedangkan variabel media luar ruangan tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Memasukkan variabel dampak komunikasi terhadap respons konsumen seperti AIDA (attention, interest, desire, action), hierarchy-of-effect model dan model komunikasi mungkin akan memberikan sumbangan yang lebih berarti terhadap penelitian sejenis.

Kata Kunci: Periklanan dan Keputusan Pembelian

 

Downloads

Published

2014-01-30

Issue

Section

Articles