FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGIS PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2010/2011 dan 2011/2012 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan dan membeli BlackBerry)

Authors

  • Sofi Panduasih

Abstract

The aims of this research is to connect psychological factors and purchasing decision and to test hypotheses and then testing the hypothesis that it would be interpreted. This research includes an explanatory research. Methods of data collection using questionnaires. The sampling technique used was purposive sampling technique. The samples in this research were 102 respondents who are BlackBerry users and buyers. Analysis of the data used is descriptive analysis, factor analysis and multiple linear regression analysis. The hypothesis tested was that motivation, perception, learning, beliefs and attitudes are forming Psychological factors influencing the purchase decision structure. There are influences together and partially independent variable on the Buying Decision Structures and the dominant variable on Purchase Decision Structure. The results of the research showed that motivational variable, perception variable, learning variable, the variable of beliefs and attitudes variables jointly have a significant influence on the structure of Buying Decision ( Y ). The results of this research also indicate that the perception variables ( X2 ) is the dominant variable on Purchase Decision Structure ( Y ) as indicated by the regression coefficient b of 2.361, with a probability value of t 5.569 and sig. 0,000 < (a 0.05).

Keywords: Motivation, Perception, Learning, Beliefs, Attitudes, Purchase Decision.

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghubungkan faktor psikologis dan keputusan pembelian serta menguji hipotesis yang kemudian pengujian hipotesis itu akan diinterprestasikan. Penelitian ini termasuk explanatory research. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Teknik Purposive Sampling.  Sampel dalam penelitian ini sebanyak 102 orang responden yang merupakan pengguna dan pembeli BlackBerry. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor dan analisis regresi linear berganda. Hipotesis yang diuji adalah bahwa Motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap adalah faktor pembentuk Psikologis yang mempengaruhi Struktur Keputusan Pembelian. Ada pengaruh secara bersama-sama maupun parsial variabel bebas terhadap Struktur Keputusan Pembelian serta terhadap variabel yang berpengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi, variabel persepsi, variabel pembelajaran, variabel keyakinan dan variabel sikap secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel Persepsi (X2) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) yang ditunjukkan dengan koefisien regresi b sebesar 2.361, dengan nilai Probabilitas t 5.569 dan sig. penelitian 0,000 < (a 0.05).

Kata Kunci: Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Keyakinan,Sikap, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2014-01-21

Issue

Section

Articles