ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERUSAHAAN (StudiKasusPada PT. Duta Paper Prigen Pasuruan).

Authors

  • Rendy Satria Agrianto

Abstract

This study aims to describe payroll accounting systems and remuneration applied to the PT. Duta Paper. This type of research is a descriptive study. Data obtained by using interviewing techniques, documentation, and observation. The data analysis technique used in this study is a descriptive analysis with a qualitative approach, which means not using formula. Results showed that the application of payroll and accounting system is good enough wage or support internal control. It is shown the separation of functions between the maker of payroll and payroll functions. Based on the discussion of the results of the above study, it can be submitted suggestions related to accounting payroll and wage system at PT. Duta Paper, among others, on the improvement of the organizational structure, improvement on the form that makes the title along with the identity of the form, and form a special staff for internal examination is useful to supervise the operations.

Keyword : accounting System of Payroll and Wage, internal control

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sistem akuntansi penggajian dan pengupahan yang diterapkan pada PT. Duta Paper. Jenis penelitian ini merupakan penelitian desktiptif. Data yang diperoleh dengan mengunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berarti tidak menggunakan rumus. Hasil Penelitian menunjukan bahwa penerapan sistem akuntansi penggajian dan pengupahan sudah cukup baik atau mendukung pengendalian intern. Hal tersebut ditunjukan adanya pemisahan fungsi antara pembuat daftar gaji dan fungsi pembayaran gaji. Berdasarkan pembahasan dari hasil penelitian diatas, dapat disampaikan saran yang berkaitan dengan sistem akuntansi penggajian dan pengupahan pada PT. Duta Paper antara lain, perbaikan pada struktur organisasi, perbaikan pada formulir yaitu membuat judul beserta indentitas terhadap formulir, dan membentuk staf khusus untuk pemeriksaan intern yang berguna untuk mengawasi jalannya operasional.

 

Kata kunci : sistemakuntansipenggajiandanpengupahan, pengendalian internal

Downloads

Published

2014-01-21

Issue

Section

Articles