PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Survei pada Mahasiswa Pengguna iPhone di Universitas Brawijaya Malang)

Authors

  • Karina Utami Anastuti

Abstract

The purpose of this study was to determine how the effect of product differentiation on customer satisfaction. This type of research is explanatory research. The samples in this study were 118 students in UB user iPhone. The sampling technique using simple random sampling. Methods of data collection by questionnaire. Data analysis using descriptive analysis and multiple regression analysis. The results showed that there is influence between product differentiation on customer satisfaction. From the calculations it is known that the Ftest Fvalue = 31.244 > F 1.968 with a significance of 0.000 < 0.5. Partially known only variable shape, quality / grade performance, reliability, easily repaired, style, and design that significantly influence customer satisfaction. In addition to the F test and t-test, known R2 value of R Square of 0.723, which means the magnitude of the independent variable on the dependent variable of 72.3 % Keywords: Product Differentiation, Customer SatisfactionAbstrak Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh diferensiasi produk terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 118 orang mahasiswa pengguna iPhone di Universitas Brawijaya Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang antara diferensiasi produk terhadap kepuasan pelanggan. Dari perhitungan uji F diketahui bahwa Fhitung = 31,244 > Ftabel 1,968 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,5. Secara parsial diketahui hanya variabel bentuk, kualitas/mutu kinerja, keandalan, mudah diperbaiki, gaya dan rancangan yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selain uji F dan uji t, uji R2 diketahui nilai R Square sebesar 0,723 yang berarti besarnya variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 72,3% Kata kunci : Diferensiasi Produk, Kepuasan Pelanggan

Downloads

Published

2014-01-21

Issue

Section

Articles