DAMPAK REVITALISASI PASAR TRADISIONAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Survei pada Konsumen yang Membeli di Kios Pasar Terpadu Dinoyo Malang)

Authors

  • Muhammad Farhan Febriyanto
  • Achmad Fauzi DH

Abstract

The purpose of this study was to (1) identify and explain the influence of Physical Quality on Consumer Satisfication (2) to know and explain the influence of Socio Cultural Quality on Customer Satisfication (3) to know and explain the influence of Economic Quality on Customer Satisfication. The type of research used in this research was explanatory with quantitative approach. The research variables were Physical Quality, Socio Cultural Quality, Economic Quality and Customer Satisfaction.This research was conducted at the Dinoyo Integrated Market in Malang City on Street. Haryono No, 171 A, Malang City, East Java. The number of samples used in this study amounted to 116 respondents. Namely Dinoyo Integrated Kios Consumers in Malang City. The type of data used in this study are primary and secondary data. Primary data gets data source from questionnaries, while secondary data is in form of bibliography sources that support scientific research and are obtained from relevant literature. Testing instruments using validity and reliability tests. Based on the results of the analysis it can be concluded that Physical Quality (X1) have significant on the Customer Satisfication (Y), Socio Cultural Quality (X2) have significant on the Customer Satisfication (Y), Economic Quality (X3) have significant on the Customer Satisfication (Y)

Keywords: Revitalization, Market, Physical Quality, Socio Cultural Quality, Economic Quality, Customer Satisfaction

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Kualitas Fisik terhadap Kepuasan Konsumen (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Kualitas Sosial Budaya terhadap Kepuasan Konsumen (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Kualitas Ekonomi terhadap Kepuasan Konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi Kualitas Fisik, Kualitas Sosial Budaya, Kualitas Ekonomi dan Kepuasan Konsumen. Penelitian ini dilakukan di Pasar Terpadu Dinoyo Kota Malang di Jl. MT. Haryono No,171 A, Kota Malang, Jawa Timur. Seluruh variabel yang ada akan diukur dengan menggunakan skala likert. Jumlah Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 116 orang responden yaitu Konsumen yang membeli di Kios Pasar Terpadu Dinoyo Kota Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer mendapatkan data dari angket, sedangkan data sekunder berupa sumber daftar pustaka yang mendukung penelitian ilmiah serta diperoleh dari literatur yang relevan. Pengujian instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kualitas Fisik (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y), Kualitas Sosial Budaya (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y), Kualitas Ekonomi (X3) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y).

Kata Kunci:   Revitalisasi, Pasar, Kualitas Fisik, Kualitas Sosial Budaya, Kualitas Ekonomi, Kepuasan Konsumen

 

Downloads

Published

2020-01-02

Issue

Section

Articles