ANALISIS PENGGUNAAN HEDGING FORWARD CONTRACT SEBAGAI UPAYA MENURUNKAN RISIKO EKSPOSUR TRANSAKSI (Studi pada PT Unilever Indonesia, Tbk Tahun 2017-2018)

Authors

  • Muhammad Anas Faradisa
  • Sri Mangesti Rahayu

Abstract

Multinational companies that conduct international transactions will face risks in the form of imports or exports. Risk that will be faced by multinational companies are transaction exposures arising from currency fluctuations that can effect the company’s cash flow in the future. This research uses quantitative descriptive methods. The purpose of this study was to determine the benefits of forward contract hedging conducted derivative transactions contained in the financial statements of PT Unilever Indonesia, Tbk. The data source used is secondary data obtained from the annual financial statements of PT Unilever Indonesia, Tbk in 2017-2018, besides using historical data of the exchange rate throughout 2017-2018 obtained from Bank Indonesia. The data mentioned above was obtained from the company’s official website PT Unilever Indonesia, Tbk www.unileverindonesia.co.id and Bank Indonesia www.bi.go.id. The formula used in calculating the forward contract is to use the Eiteman formula and the formula from Jeff Madura. The calculation will get a premium or discount for the forward contract transactions that have been carried out by the company. The premium or discount will be compared at the time of the initial agreement (forward rate) with when due (spot rate).

Keywords: Export, Import, Hedging, Forward Contract, Trnsaction Exposures

ÐBSTRÐK

Perusahaan multinasional yang melakukan transaksi internasional akan menghadapi risiko berupa impor maupun ekspor. Risiko yang akan dihadapi oleh perusahaan multinasional adalah eksposur transaksi yang muncul akibat fluktuasi mata uang yang dapat mempengaruhi arus kas perusahaan di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat forward contract hedging yang dilakukan oleh PT. Unilever Indonesia, Tbk sebagai upaya untuk menurunkan risiko eksposur transaksi. Penelitian menggunakan objek transaksi derivatif forward contract yang terdapat dalam laporan keuangan perusahaan PT Unilever Indonesia, Tbk. Sumber data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan PT Unilever Indonesia, Tbk tahun 2017-2018, selain itu juga menggunakan data historis kurs sepanjang tahun 2017-2018 yang diperoleh dari Bank Indonesia. Data yang telah disebutkan tersebut diperoleh dari website resmi perusahaan PT Unilever Indonesia, Tbk www.unileverindonesia.co.id dan Bank Indonesia www.bi.go.id. Rumus yang digunakan dalam menghitung forward contract adalah menggunakan rumus Eiteman dan rumus dari Jeff Madura. Penghitungan tersebut akan memperoleh hasil premi atau diskonto atas transaksi forward contract yang telah dilakukan perusahaan. Premi atau diskonto tersebut akan menunjukkan jumlah pembayaran yang akan ditanggung perusahaan dan akan dibandingkan pada saat kesepakatan awal (kurs forward) dengan pada saat jatuh tempo (kurs spot).

Kаtа Kunci: Ekspor, Impor, Hedging, Forward Contract, Eksposur Transaksi

 

Downloads

Published

2020-01-02

Issue

Section

Articles