KEBIJAKSANAAN DAN STRATEGI DALAM MENJAGA KESTABILAN MOTIVASI KARYAWAN (Studi Kasus Pada Bisnis Start-Up Ngalup Co-Working Space Malang)

Authors

  • Ilma Dhaniar
  • Endang Siti Astuti
  • Muhammad Cahyo Widyo Sulistyo

Abstract

This research focuses on the policies and strategies created by Ngalup Co-working Space to maintain employee motivation. The purpose of this research is to find out and analyze the policy and strategy of Ngalup Co-working Space in maintaining employee motivation so that employees can contribute to the company optimally. Ngalup Co-working Space is a start-up in Malang that often holds events and unique co-working spaces and share knowledge in various activities. The results of this study use three motivational theories from Maslow, McClleland, and Hygiene Factors to link with research results. The results of the study fulfill these three theories so that the policy and strategy that Ngalup Co-working Space can conclude are good. Leader in making policies and strategies look at the condition of employees and the environment. The majority of employees in Ngalup Co-working Space are millennials. Millennial generation has a high interest in the developments that occur in the environment, especially in the field of technology.

Keywords: Policy, Strategy, Millennial Generation, Employee Motivation, Start-up

ÐBSTRÐK

Penelitian ini berfokus pada kebijaksanaan dan strategi yang dibuat oleh Ngalup Co-working Space untuk menjaga kestabilan motivasi karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kebijaksanaan dan strategi Ngalup Co-working Space dalam menjaga kestabilan motivasi karyawan sehingga karyawan bisa kontribusi kepada perusahaan secara maksimal. Ngalup Co-working Space merupakan start-up di Malang yang sering mengadakan event dan co-working space yang unik dan mengisi materi di berbagai kegiatan. Hasil penelitian ini menggunakan tiga teori motivasi yaitu dari Maslow, McClleland, dan Faktor-faktor Higiene untuk menghubungkan dengan hasil penelitian. Hasil penelitian memenuhi tiga teori tersebut sehingga kebijaksanaan dan strategi yang dilakukan Ngalup Co-working Space dapat disimpulkan sudah bagus. Atasan dalam membuat kebijaksanaan dan strategi melihat kondisi karyawan dan lingkungan. Mayoritas karyawan yang berada di Ngalup Co-working Space adalah generasi milenial. Generasi milenial memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap perkembangan yang terjadi di lingkungan terutama di bidang teknologi.

Kata Kunci : Kebijaksanaan, Strategi, Generasi Milenial, Motivasi Karyawan, Start-up

Downloads

Published

2019-10-24

Issue

Section

Articles