PENGARUH TAGLINE IKLAN DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP BRAND AWARENESS DAN MINAT BELI (Survei pada Mahasiswa program Sarjana pengguna Smartphone OPPO F3 Plus di Universitas Brawijaya)

Authors

  • M. Dhani Rahardian
  • Andriani Kusumawati
  • Ari Irawan

Abstract

Taglines and Celebrity Endorsers have an important role in a product, one of which is to introduce or support a product from a particular company. The use of taglines through electronic or printed media is a natural thing and is done by the company to request the product. Some companies also use celebrity endorsers to deliver information on their products, and these celebrity endorsers are chosen from famous artists or actors who are no longer in the national and international entertainment world. With the tagline and celebrity endorser, the company is expected to be able to increase brand awareness on a product. Positive brand awareness can determine the perception of products where consumers will have a positive influence on purchase intention. In marketing strategies, taglines or slogans and celebrity endorsers are often used by companies in promoting products to be marketed, one of which is Indonesian OPPO with its OPPO F3 Plus smartphone products. The purpose of this study is to explain the effect of Adverts and Celebrity Endorser Tagline on Brand Awareness and Purchase Intention. The type of research used is explanatory research with a quantitative approach that uses purposive sampling technique and distributes off-line questionnaires to 116 respondents.

Kеywords: Tagline, Celebrity Endorser, Brand Awareness, Purchase Intention.

ÐBSTRÐK

Tagline dan Celebrity Endorser memiliki peranan yang penting dalam suatu produk, salah satunya yaitu untuk memperkenalkan atau mempromosikan suatu produk dari perusahaan tertentu. Penggunaan tagline melalui media elektronik maupun cetak sudah merupakan hal yang wajar dan banyak dilakukan oleh pihak perusahaan untuk mempromosikan produknya. Beberapa perusahaan juga menggunakan celebrity endorser sebagai penyampai informasi produknya, dan celebrity endorser ini dipilih dari kalangan artis atau aktor terkenal yang wajahnya sudah tidak asing lagi di dunia hiburan nasional maupun internasional. Dengan tagline dan celebrity endorser diharapkan perusahaan akan dapat meningkatkan brand awareness pada suatu produk. Brand Awareness positif dapat menentukan persepsi produk dimana konsumen akan memiliki pengaruh positif terhadap Minat Beli. Dalam strategi pemasaran, tagline atau slogan dan celebrity endorser sering sekali digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam mempromosikan produk-produk yang akan dilempar ke pasaran, salah satunya adalah OPPO Indonesia dengan produknya smartphone OPPO F3 Plus. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh Tagline Iklan dan Celebrity Endorser terhadap Brand Awareness dan Minat Beli. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan teknik purposive sampling dan menyebarkan kuesioner off-line kepada 116 responden.

Kаtа Kunci: Tagline, Celebrity Endorser, Brand Awareness, Minat Beli.

Downloads

Published

2019-10-22

Issue

Section

Articles