ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PEMBELIAN BAHAN BAKU DAN PENGELUARAN KAS DALAM MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERN (Studi pada PT. Industri Kereta Api (Persero) Madiun)

Authors

  • Weninggalih Dinihari
  • Muhammad Saifi
  • Maria Goretti Wi Endang N.P

Abstract

PT. Industri Kereta Api (Persero) Madiun is a state-owned manufacturing company engaged in land transportation services, where the company is a company that produces trains in Indonesia and several other countries. The amount of contract value that always increases every year, makes PT. Industri Kereta Api (Persero) Madiun increasing the amount of production to fulfill the agreed orders. These orders are not only orders from several regions in the country but also orders from abroad, one of which is orders from Bangladesh. The method used in this research is descriptive research method with a focus of research consisting of related functions in the system of raw material purchases and cash expenditures, documents used, flowcharts and network procedures that form the system, organizational structure, recording procedures and internal control. The data used in this study are primary and secondary data obtained from the results of interviews with resource persons. This study aims to analyze the system and procedures for purchasing raw materials and cash disbursements in support of internal control on PT. Industri Kereta Api (Persero) Madiun.

Keywords: System, Procedure, Purchasing, Cash Expenditures, Internal Control

ÐBSTRÐK

PT. Industri Kereta Api (Persero) Madiun merupakan perusahaan manufaktur milik Negara  yang bergerak di bidang jasa transportasi darat, dimana perusahaan tersebut sebagai perusahaan yang memproduksi kereta api yang ada di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Jumlah nilai kontrak yang selalu meningkat di setiap tahunnya, membuat PT. Industri Kereta Api (Persero) Madiun semakin memperbanyak jumlah produksinya agar dapat memenuhi pesanan yang sudah disepakati. Pesananan tersebut tak hanya pesanan dari beberapa daerah yang ada didalam negeri tetapi juga pesanan dari luar  negeri, salah satunya adalah pesanan dari Negara Bangladesh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan fokus penelitian yang terdiri dari fungsi – fungsi yang terkait dalam sistem pembelian bahan baku dan pengeluaran kas, dokumen – dokumen yang digunakan, flowchart dan jaringan prosedur yang membentuk sistem, struktur organisasi, prosedur pencatatan serta pengendalian intern. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara dengan narasumber. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis sistem dan prosedur pembelian bahan baku dan pengeluaran kas dalam mendukung pengendalian intern pada PT. Industri Kereta Api (Persero) Madiun.

Kаtа Kunci: Sistem, Prosedur, Pembelian, Pengeluaran Kas, Pengendalian Internal

Downloads

Published

2019-09-11

Issue

Section

Articles