ANALISIS KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH AKUISISI PADA PERUSAHAAN PENGAKUISISI (Studi Pada PT Xl Axiata Tbk Tahun Periode 2011 – 2017)

Authors

  • Erika Safira
  • Sri Sulasmiyati

Abstract

This research was aims to determine the differences in financial performance PT XL Axiata Tbk before and after the aquitition based on analysis financial ratios. In this research, the financial ratios used consisted of liquidity ratio (CR, QR, Cash Ratio), activity ratio (TATO and FATO), profitability ratio (NPM, ROI, ROE), market ratio (EPS), and a leverage ratio (DER and DAR). The type of this research is descriptive. The research location that selected In this research is PT XL Axiata Tbk with an secondary data which is gotten form Indonesia Stock Exchange (IDX) from annual report statements and summary of company of PT XL Axiata Tbk in the periode 2011 – 2017, and analyzed using statistic non-parameric Wilcoxon Signed Rank Test to determine the significant differences in the financial performance of PT XL Axiata Tbk before and after acquisition. The research showed that the financial performance of PT XL Axiata Tbk based on analysis financial ratios and hypothesis testing that used Wilcoxon signed rank test has no significant differences in financial performance PT XL Axiata Tbk after acquition.

Keywords : Acquisition, Financial Performance, Wilcoxon Signed Rank Test

ÐBSTRÐK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan PT XL Axiata Tbk pada saat sebelum dan sesudah akuisisi yang dinilai berdasarkan analisis rasio keuangan. Pada penelitian ini rasio keuangan yang digunakan terdiri dari rasio likuiditas (CR, QR, Cash Ratio), rasio aktivitas (TATO dan FATO), rasio profitabilitas (NPM, ROI, ROE), rasio pasar (EPS), dan rasio solvabilitas (DER dan DAR). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif. Lokasi penelitian yang dipilih pada penelitian ini adalah PT XL Axiata Tbk dengan pengambilan data pada website bursa efek Indonesia (BEI). Sumber data yang digunakan dalam pada penelitian ini merupakan data sekunder yang berupa laporan keuangan tahunan dan ringkasan perusahaan PT XL Axiata Tbk yang terdiri dari tahun 2011 – 2017, yang selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan anaisis statistik non parametrik dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk mengetahui adakah perbedaan signifikan yang terjadi pada kinerja keuangan PT XL Axiata Tbk pada saat sebelum dan sesudah akuisisi. Hasil penelitian ini menunjukan hasil analisis kinerja keuangan PT XL Axiata Tbk yang dinilai berdasarkan analisis rasio keuangan dan uji hipotesis dengan Wilcoxon Signed Rank Test menunjukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kinerja keuangan PT XL Axiata Tbk setelah perusahaan melakukan akuisisi.

Kata Kunci : Akuisisi, Kinerja Keuangan, Wilcoxon Signed Rank Test


Downloads

Published

2019-08-08

Issue

Section

Articles