PENGARUH BLACK CAMPAIGN KELAPA SAWIT TERHADAP HARGA KELAPA SAWIT DUNIA DAN EKSPOR KELAPA SAWIT INDONESIA (Studi pada Negara Belanda, Spanyol, Cina dan India periode Agustus 2016 – Oktober 2017)

Authors

  • Anita Dio Yonanda
  • Suhadak Suhadak

Abstract

The purpose of this study is to make certain about differences in the price of palm in international market and Indonesian Palm Oil international sales because of the black campaign of palm oil by the European Union through the European Parliament Resolution: Report on Oil and Deforestation of Rain Forest. Event study research used as the study’s type using difference test as analysis technique. Sampling used a purposive sampling method which obtained Netherlands, Spain, China and India as samples. The results showed a significant difference on the prices of palm in international market after the resolution was issued. The value of Indonesian Palm Oil international sales at two countries was declining but the hypothesis test did not show a significant difference. Through these results it can be concluded that the black campaign carried out by the European Union made the price of palm drift down but does not influence Indonesian Palm Oil’s exports.

Keywords: Export, Price, Palm, Resolution

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan harga kelapa sawit di pasar global dan ekspor kelapa sawit Indonesia sebelum dan sesudah dilakukannya black campaign minyak sawit oleh Uni Eropa melalui Resolusi European Parliament: Report on Oil and Deforestation of Rain Forest. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eventt studies dengan uji beda sebagai teknik analisis. Pengambilan sampel menggunakan metode sampel purposif sehingga didapatkan Belanda, Spanyol, Cina dan India sebagai sampelnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara harga kelapa sawit di pasar global sebelum dan sesudah resolusi dikeluarkan. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa terjadi penurunan nilai ekspor kelapa sawit Indonesia terhadap dua negara namun uji hipotesis tidak menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Melalui hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa black campaign yag dilakukan oleh Uni Eropa berpengaruh terhadap harga kelapa sawit di pasar global namun tidak berpengaruh pada ekspor kelapa sawit Indonesia.

Kata kunci: Ekspor, Harga, Sawit, Resolusi

Downloads

Published

2019-08-02

Issue

Section

Articles