ANALISIS PENGENDALIAN KREDIT RITEL SEBAGAI SALAH SATU UPAYA MENGANTISIPASI KREDIT BERMASALAH (Studi pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Kantor Cabang Malang Kawi)

Authors

  • Yanti Lidiawaty
  • Achmad Husaini

Abstract

Businesses always expect sustainability and developments that require funding. Funding problems often occur, and one of the solutions is by borrowing or making credit to those who provide them. Bank as one of the credit service providers analyzes the requirements of debitors that determine credit given, because the bank avoids non-performing loans and wants the loaned funds back so the Bank avoids losses and freezing operating. In providing credit, control is needed to ensure that the distributed loans remain safe and avoid non-performing loans. The purpose of this study is to determine the number of non performing loans and the ratio of Non Performing Loans (NPL) and credit control that the Bank does in giving these loans. The research analysis method is descriptive. The control elements which become the focus of this research are competent and trustworthy personnel, separation of duties, appropriate authorization procedures, adequate documents and records, and physical control of assets and records. The method of analysis is done by interview and documentation.

Kеywords: Credit, NPL, Control

ÐBSTRÐK

Bisnis selalu mengharapkan keberlangsungan dan perkembangan yang memerlukan pendanaan yang tidak sedikit. Masalah pendanaan kerap kali terjadi, dan salah satu solusi yakni dengan cara meminjam dana atau melakukan kredit pada pihak yang menyediakan. Bank sebagai salah satu pihak penyedia layanan kredit dalam memberikan pinjaman uang kepada debitur menganalisis secara ketat persyaratan-persyaratan yang menjadi penentu diberikannya kredit, hal ini dilakukan karena bank menghindari kredit bermasalah dan menginginkan dana yang dipinjamkannya kembali dan Bank terhindar dari kerugian dan pembekuan operasi. Dalam memberikan kredit dibutuhkan pengendalian untuk memastikan kredit yang disalurkan tetap aman dan terhindar dari kredit bermasalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah kredit bermasalah dan rasio Non Performing Loan (NPL) dan pengendalian kredit yang Bank lakukan dalam menyalurkan kredit ini. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan analisis deskriptif. Adapun unsur pengendalian yang menjadi fokus penelitian ini adalah personel yang kompeten dan dapat dipercaya, adanya pemisahan tugas, prosedur otorisasi yang tepat, dokumen dan catatan yang memadai, serta kontrol fisik aktiva dan catatan. Metode analisis dilakukan yakni dengan wawancara dan dokumentasi.

Kata kunci: Kredit, NPL, Pengendalian


Downloads

Published

2019-08-01

Issue

Section

Articles