CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Semen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)

Authors

  • Nina Dwi Hidayati
  • Muhammad Saifi

Abstract

The development and technology has increasingly impacted on the more advanced and complex operational activities and corporate social responsibility. This resulted increasingly large demands on the company. Corporate Social Responsibility (CSR) is the company's commitment to contribute to sustainable economic development by paying attention to corporate social responsibility and emphasizing a balance between attention to economic, social and environmental aspects. Profitability is the company's ability to generate profits, using resources owned by the company. This research uses profitability proxy with ROA, ROE and EPS ratios. The purpose of this study was to determine the significant effect of CSR on company profitability which is proxied the ratio of ROA, ROE, and EPS. The results showed that effect of CSR disclosure on ROA was 37.8%; the effect of CSR disclosure on ROE of 32.6%; the effect of CSR disclosure on EPS by 45.1%. While the results of the significance show that CSR disclosure does not have a significant effect on company ROA with a value of a significant level of 0.074, CSR disclosure does not have a significant effect on company ROE with a significant level 0.606, CSR disclosure has a significant effect on company EPS with a significant level of 0.019.

Keywords: Corporate Social Responsibility and Corporate Financial Performance

ÐBSTRÐK

Perkembangan pembangunan dan teknologi semakin pesat berdampak pada semakin maju dan kompleksnya aktivitas operasional serta tanggungjawab sosial perusahaan. Hal tersebut mengakibatkan tuntutan yang semakin besar terhadap perusahaan. Corporate Social Responsibility (CSR) adalah komitmen perusahaan untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomis, sosial dan lingkungan. Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba, dengan menggunakan sumber-sumber yang dimiliki perusahaan seperti aktiva, modal atau penjualan. Penelitian ini menggunakan proksi profitabilitas dengan rasio ROA, ROE dan EPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan CSR terhadap profitabilitas perusahaan yang diproksikan kedalam rasio ROA, ROE, dan EPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pengungkapan CSR terhadap ROA sebesar 37,8%; pengaruh pengungkapan CSR terhadap ROE sebesar 32,6%; pengaruh pengungkapan CSR terhadap EPS sebesar 45,1%. Sedangkan hasil signifikansinya menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh tidak signifikan terhadap ROA perusahaan dengan nilai t hitung 1,858 pada tingkat signifikan 0,074, pengungkapan CSR berpengaruh tidak signifikan terhadap ROE perusahaan dengan nilai t hitung 0,522 pada tingkat signifikan 0,606, pengungkapan CSR berpengaruh signifikan terhadap EPS perusahaan dengan nilai t hitung 2,483 pada tingkat signifikan 0,019.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility dan Kinerja Keuangan Perusahaan

Downloads

Published

2019-07-26

Issue

Section

Articles