PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi pada Perusahaan Indeks LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2017)

Authors

  • Prima Rahma Sari
  • Nila Firdausi Nuzula

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) is a concept that can encourage companies to be able to contribute to sustainable development and encourage companies to conduct transparent business practices, which are based on ethical values ​​by paying attention to those who have an interest in the survival of the company. Disclosure of corporate social responsibility is a report made by the company in order to communicate to interested parties regarding the company's social activities, with the reporting being carried out it is expected that the company can grow sustainably. There are several factors that are considered to influence the disclosure of corporate social responsibility, namely company size (size), profitability, leverage and the size of an independent board of commissioners. This study aims to determine whether company size (size), profitability, leverage and the size of independent board of commissioners have a significant effect on the disclosure of corporate social responsibility. The type of research used is explanatory research with quantitative approaches. This study examines the disclosure of the LQ45 index CSR companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2015-2017. Many samples in this study amounted to 29 companies that fit the predetermined criteria. The data used is secondary data that is bundled with the documentation method.

Kеywords: company size (size), profitability, leverage, size of independent board of commissioners, disclosure of corporate social responsibility.

ÐBSTRÐK

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah konsep yang dapat mendorong perusahaan untuk dapat berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan serta mengajak perusahaan dalam melakukan praktik bisnis yang transparan, yang didasarkan pada nilai etika dengan memberikan perhatian pada pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap kelangsungan hidup perusahaan. Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan merupakan laporan yang dibuat perusahaan agar dapat mengkomunikasikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai kegiatan sosial lingkungan perusahaan, dengan adanya pelaporan yang dilakukan diharapkan perusahaan dapat tumbuh secara berkesinambungan. Terdapat beberapa faktor yang dianggap dapat mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, yaitu ukuran perusahaan (size), profitabilitas, leverage dan ukuran dewan komisaris independen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ukuran perusahaan (size), profitabilitas, leverage dan ukuran dewan komisaris independen berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan pendekataan kuantitatif. Penelitian ini menguji pengungkapan CSR perusahaan indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Banyak sampel pada penelitian ini berjumlah 29 perusahaan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil dengan metode dokumentasi.

kаtа kunci: ukuran perusahaan (size), profitabilitas, leverage, ukuran dewan komisaris independen, pengungkapan corporate social responsibility.

Downloads

Published

2019-07-25

Issue

Section

Articles