PENGARUH PERIKLANAN TERHADAP PENJUALAN (Studi Kasus pada PT. Samekarindo Indah, Balikpapan)

Authors

  • Dedy Saputra Sihombing
  • Achmad Fauzi DH

Abstract

This research aims to explain: 1) To knowing and analysis the influence of  Above The Line (ATL) (X1) promotion to Sales Volume (Y). 2) To knowing and analysis the influence of  Below The Line (BTL) (X2) to Sales Volume (Y). 3) To knowing and analysis the influence of Above The Line (ATL) (X1) and Below The Line (BTL) (X2) simultaneously to Sales Volume (Y). This research used quantitative research. This research uses three variables: Above The Line (ATL) (X1), Below The Line (BTL) (X2), and Sales Volume (Y). Data collection is obtained through direct observation on the object of research. The ratio of time data in this research is 60 months from 2013 to 2017. To analyse data in this research used descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The result of this research are Above The Line (ATL) has significantly affect to Sales Volume, Below The Line (BTL) has significantly affect to Sales Volume, and Above The Line (ATL) with Below The Line (BTL) have simultaneously and significantly affect to Sales Volume. Based on the result of this research, it is good for PT. Samekarindo Indah to increase their advertising of Above The Line (ATL) and Below The Line (BTL) to increase Sales Volume.

Keywords: Advertising, Sales.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan menganalisis Above The Line (ATL) (X1) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Volume Penjualan (Y). 2) Mengetahui dan menganalisis Below The Line (BTL) (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Volume Penjualan (Y). 3) Mengetahui dan menganalisis Above The Line (ATL) (X1) dan Below The Line (BTL) (X2) mempunyai pengaruh signifikan secara simultan terhadap Volume Penjualan (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu Above The Line (ATL) (X1), Below The Line (BTL) (X2), dan Volume Penjualan (Y). Pengumpulan data diperoleh melalui observasi secara langsung pada objek penelitian. Rentang waktu data dalam penelitian ini adalah 60 bulan dari tahun 2013 sampai 2017. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Above The Line (ATL) (X1), berpengaruh signifikan terhadap Volume Penjualan (Y), kemudian variabel Below The Line (BTL) (X2) berpengaruh signifikan terhadap Volume Penjualan (Y) dan variabel Above The Line (ATL) (X1), Below The Line (BTL) (X2) berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Volume Penjualan (Y). Berdasarkan penelitian ini, sebaiknya perusahaan PT. Samekarindo Indah meningkatkan kegiatan – kegiatan  Above The Line (ATL) dan Below The Line (BTL) untuk meningkatkan Volume Penjualan.

Kata Kunci : Periklanan, Penjualan.

Downloads

Published

2019-07-03

Issue

Section

Articles