ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA KEBUN KURMA DI KABUPATEN PASURUAN

Authors

  • Anggia Fiska Aurelia Agatha
  • Edriana Pangestuti

Abstract

Kebun Kurma is one of agro-tourist object which had been established since 2016. It is the one and only an estate tourist object used dates as attraction. However, the practical on the development of the tourist object is not maximal yet. The development which have been done is not formulated yet with suitable strategies to maximize the attraction. This research will analyze the development of Kebun Kurma’s tourist attraction using SWOT method, analyze the strength and the weakness from internal, and analyze the opportunity and threats from external environment of Kebun Kurma. The result of the research showed that the development of the tourist object had been done with adding an attraction playground, tourist’s insfrastructures equipping, and accessibility improvenment, then, showing the strategic position of Kebun Kurma is on diversification strategy. The formulated strategy through SWOT matrix produces SO (Streght-Opportunity), WO (Weakness-Opportunity), ST (Strenght-Threat), and WT (Weakness-Threat) strategies. Based on the explanation, the researcher gives recommendation strategy towards Kebun Kurma’s organizer that could be applied.

Keywords: The Development of Tourist Attraction, Strategy, Kebun Kurma Tourist Object

ÐBSTRÐK

Kebun Kurma adalah salah satu wisata yang berbasis agro yang ada di Kabupaten Pasuruan yang dibuka sejak tahun 2016. Pada saat ini, Kebun Kurma merupakan yang pertama dan satu-satunya wisata perkebunan yang menyuguhkan hamparan pohon kurma sebagai daya tarik wisata. Namun, dalam praktiknya Kebun Kurma dalam melakukan pengembangan daya tarik wisata belum maksimal. Pengembangan yang dilakukan belum dirumuskan dengan strategi yang tepat terkait dengan memaksimalkan daya tarik yang ada. Penelitian ini akan menganalisis pengembangan daya tarik wisata dengan menggunakan metode SWOT, menganalisis strenght dan weakness dari sisi internal, juga menganalisis opportunities dan threats dari sisi lingkungan eksternal wisata Kebun Kurma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan daya tarik wisata yang telah dilakukan dengan menambahkan berbagai wahana atraksi, penyediaan sarana dan prasarana pariwisata dan perbaikan aksesbilitas serta menunjukkan bahwa posisi startegi wisata Kebun Kurma berada di strategi diversifikasi. Strategi yang dirumuskan melalui matriks SWOT juga menghasilkan startegi SO (Strenght-Opportunitty), WO (Weakness-Opportunity), ST (Strenght-Threat), dan WT (Weaknes-Threat). Berdasarkan uraian, peneliti memberi rekomendasi strategi  kepada pihak pengelola wisata Kebun Kurma yang dapat diterapkan.

Kаtа Kunci: Pengembangan Daya Tarik Wisata, Strategi, Wisata Kebun Kurma

Downloads

Published

2019-06-27

Issue

Section

Articles