ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS DALAM MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERN (Studi Pada PT. Astra International, Tbk Auto 2000 Malang Sutoyo)

Authors

  • Erlina Erlina
  • Moch. Dzulkirom AR

Abstract

The Research aims to knowing system, sales procedures and cash receipts in support of internal control at PT. Astra International, Tbk AUTO 2000 Malang Sutoyo by attention to the elements of internal control. The type of research used is descriptive research using a qualitative approach. The focus taken in the research is the system and sales procedures and cash receipts on vehicle sales cash and credit, spare parts sales, vehicle service and internal control at PT. Astra International, Tbk AUTO 2000 Malang Sutoyo, which address at Letjend Sutoyo No. 25 Malang. The steps of data analysis are, analyzing the accounting system and procedures sales and cash receipts, then analyzing the accounting system and sales procedures and cash receipts in supporting internal control by attention to the elements of internal control. The results of the research show that the system and procedures sales and cash receipts at PT. Astra International, Tbk AUTO 2000 Malang Sutoyo has been well implemented, but there are still some weaknesses. The weaknesses are system and procedures sales and cash receipts, there are still double functions and then at internal control is employee rotations that have not been carried out routinely and there are no surprising inspection

Kеywords: System and Procedures Sales and Cash Receipts, Internal Control

ÐBSTRÐK

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas dalam mendukung pengendalian intern pada PT. Astra International, Tbk AUTO 2000 Malang Sutoyo dengan memperhatikan unsur-unsur pengendalian intern. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus yang diambil dalam penelitian yaitu sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas pada penjualan kendaraan baik tunai maupun kredit, penjualan sparepart, service kendaraan serta pengendalian intern pada PT. Astra International, Tbk AUTO 2000 Malang Sutoyo, yang beralamat di Jalan Letjend Sutoyo No. 25 Malang. Tahapan analisis data yang dilakukan yaitu, menganalisis sistem akuntansi dan prosedur penjualan dan penerimaan kas, kemudian menganalisis sistem akuntansi dan prosedur penjualan dan penerimaan kas dalam mendukung pengendalian intern dengan memperhatikan unsur-unsur pengendalian intern. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas pada PT. Astra International, Tbk AUTO 2000 Malang Sutoyo sudah diterapkan dengan baik, akan tetapi masih terdapat beberapa kelemahan. Kelemahan tersebut antara lain pada sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas masih terdapat beberapa perangkapan fungsi serta pada pengendalian intern yaitu rotasi karyawan belum dilakukan secara rutin dan tidak ada pemeriksaan yang dilakukan secara mendadak.

Kаtа Kunci: Sistem dan Prosedur Penjualan dan Penerimaan Kas, Pengendalian Internal


 

Downloads

Published

2019-05-09

Issue

Section

Articles