PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei Pada Pengunjung Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang)

Authors

  • Fadhilla Dwi Lestari
  • Sunarti Sunarti

Abstract

This study aims to determine the influence of Motivation towards Visiting Decisions specifically to find out variables that significantly affect the Visiting Decision in Pujon Kidul Tourism Village, Malang. This study used Motivation as the independent variable and Visiting Decision as the dependent variable. This study was conducted in Pujon Kidul Tourism Village, Malang. The population and sample were visitors who visited the Pujon Kidul Tourism Village by minimum age of 17 years. The number of samples was 113 respondents and taken by using Purposive Sampling technique. Analysis of the data used in this study is descriptive analysis and simple linear regression analysis. Based on the results of the t-test in this study showed sig. 0,000 <0,05 which means that Motivation consisting of Physical Motivation, Cultural Motivation, Social Motivation, and Fantasy Motivation have a significant influence towards Visiting Decisions. The t-test results indicated that Physical Motivation on items (X1.1) has the strongest influence compared to the others. The conclusion is that the item (X1.1) on the Physical Motivation variable has the strongest influence on Visiting Decisions.

Keywords: Motivation, Visiting Decision, Tourism Village

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi terhadap Keputusan Berkunjung untuk mengetahui variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Berkunjung di Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Motivasi dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah Keputusan Berkunjung. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang. Populasi dan Sampel yang digunakan adalah pengunjung yang berkunjung di Desa Wisata Pujon Kidul dan minimal 17 tahun. Jumlah sampel yang digunakan sebesar 113 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil Uji t pada penelitian in menunjukkan sig. 0,000 < 0,05 yang berarti Motivasi yang terdiri dari Motivasi Fisik, Motivasi Budaya, Motivasi Sosial dan Motivasi Fantasi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Berkunjung. Hasil Uji t juga menunjukkan bahwa Motivasi Fisik pada item (X1.1) memiliki pengaruh yang paling kuat dibanding item lain. Sehingga pada hasil penelitian ini item (X1.1) pada variabel Motivasi Fisik memiliki pengaruh yang paling kuat terhadap Keputusan Berkunjung.

Kata Kunci: Motivasi, Keputusan Berkunjung, Desa Wisata

Downloads

Published

2019-05-08

Issue

Section

Articles