PENGARUH RELIGIUSITAS, SERTIFIKASI HALAL, BAHAN PRODUK TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Diah Retno Sufi Fauzia
  • Edriana Pangestuti
  • Aniesa Samira Bafadhal

Abstract

The purpose of this study was to examine the influence of Religiosity, Halal Certification, Product Ingredients toward Purchase Intention, then examined the influence of Purchase Intention toward Purchase Decision. The type of this study was explanatory research , this research’s variables were Religiosity, Halal Certification, Product Ingredients as independent variables and Purchase Intention as dependent variable. Population and sample in this study were 116 Gen-M (Muslim Generation) age 24-28 years old who domiciled in Malang. Methods of analysis in this study were multiple and simple regression. The results of this study indicated that 1) Religiosity had affect but not significant toward Purchase Intention, 2) Halal Certification had significant affect toward Purchase Intention, 3) Product Ingredients had significant affect toward Purchase Intention, and 4) Purchase Intention had significant affect toward Purchase Decision.

Keywords :Religiosity, Halal Certification, Product Ingredients, Purchase Intention, Purchase Decision, Gen-M (Muslim Generation)

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini untuk menguji pengaruh Religiusitas, Sertifikasi Halal dan Bahan Produk terhadap Minat Beli, serta menguji pengaruh Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory, variabel penelitian ini yaitu Religiusitas, Sertifikasi Halal, Bahan Produk sebagai variabel bebas dan Minat Beli sebagai variabel terikat, selanjutnya Minat Beli sebagai variabel bebas dan Keputusan Pembelian sebagai variabel terikat. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu 116 orang responden Gen-M (Generasi Muslim) berusia 24-28 tahun yang tinggal di Kota Malang. Metode analisis data dengan menggunakan regresi berganda dan sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Variabel Religiusitas berpengaruh tidak signifikan terhadap Minat Beli, 2)Variabel Sertifikasi Halal berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli, 3)Variabel Bahan Produk berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli, 4)Variabel Minat Beli berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

Kata Kunci : Religiusitas, Sertifikasi Halal, Bahan Produk, Minat Beli, Keputusan Pembelian, Gen-M (Generasi Muslim).

Downloads

Published

2019-01-16

Issue

Section

Articles