PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Online pada Konsumen King Mango yang Merupakan Followers Akun Instagram @Kingmangosurabaya)

Authors

  • Retno Susilowati
  • Edriana Pangestuti
  • Aniesa Samira Bafadhal

Abstract

This study aims to identify and explain: (1) the influence of Viral Marketing on Consumer Trust; (2) the influence of Viral Marketing on Purchase Decisions; (3) the effect of Consumer Trust on Purchasing Decisions. This research used survey method type with a quantitative approach. The sample used in this study consist of 115 respondents who were @kingmangosurabaya followers, aged at least 17 years, and had bought and consumed using purposive sampling. Data collection method used in this research was questionnaires. Data analysis using descriptive analysis and path analysis. The results of the research showed that: (1) the Viral Marketing variable (X) have a significant effect on Consumer Trust (Z), (2) the Viral Marketing variable (X) have a significant effect on Purchasing Decisions (Y), and (3) the variable Consumer Trust ( Z) have a significant effect on Purchasing Decisions (Y).

Keywords: Viral Marketing, Consumer Trust, and Purchase Decision.

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) pengaruh Viral Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen; (2) pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian; (3) pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan jenis metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 115 orang responden yang merupakan followers @kingmangosurabaya, berusia minimal 17 tahun, dan pernah membeli serta mengkonsumsi dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil dari penelitian  menunjukkan bahwa: (1) variabel Viral Marketing (X) berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan Konsumen (Z), (2) variabel Viral Marketing (X) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian(Y), dan (3) variabel Kepercayaan Konsumen (Z) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian(Y).

Kata kunci: Viral Marketing, Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian.

Downloads

Published

2019-01-09

Issue

Section

Articles