PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT (PENELITIAN PADA AJB BUMIPUTERA 1912 KANTOR WILAYAH MALANG CELAKET )

Authors

  • Evi Desianti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa kondisi lingkungan internal dan eksternal AJB Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Malang Celaket berdasarkan pada kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh perusahaan serta merumuskan strategi pemasaran yang tepat digunakan setelah dianalisis menggunakan analisis SWOT. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan fokus penelitian lingkungan internal dan eksternal perusahaan, kemudian untuk merumuskan strategi bagi perusahaan maka diproses kedalam beberapa tahap diantaranya menggunakan Matrik External Faktor Evaluation (EFE), Matrik Internal Faktor Evaluation (IFE), Matriks Internal Exsternal (IE), Matriks SWOT, dan Matriks SPACE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang sesuai untuk perusahaan AJB Bumiputera 1912 adalah penetrasi pasar, pengembangan produk dan pengembangan pasar, yang artinya dengan strategi ini perusahaan berupaya memperluas wilayah operasinya dan mengarahkan sumber daya yang tersedia untuk mencapai pertumbuhan yang lebih menguntungkan. Kesimpulan yang yang dapat diambil dari penelitian ini adalah perusahaan AJB Bumiputera 1912 memiliki posisi bersaing yang belum cukup kuat dipasaran dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis. Saran – saran bagi perusahaaan guna memajukan bisnisnya dan tidak kalah bersaing adalah Perusahaan perlu meningkatkan kualitas di semua aspek internalnya terutama optimalisasi sumber daya manusia sebagai aset utama. Perusahaan juga perlu melaksanakan optimalisasi dalam pemasarannya dengan berpromosi melalui media elektronik agar tidak ketinggalan dengan para pesaingnya. Kata kunci : Strategi Pemasaran Analisis SWOT Abstract This study aims to identify and analyze internal and external environmental conditions AJB Bumiputera 1912 Celaket Malang Regional Office based on the strengths , weaknesses , opportunities , and threats which are owned by the company and formulate appropriate marketing strategies used after analyzed using SWOT analysis . Types of research used in this research is descriptive research with a focus on internal and external environment , and then to formulate a strategy for the company then processed into several stages including using External Factor Evaluation Matrix ( EFE ) Matrix Internal Factor Evaluation  ( IFE ) Matrix Internal exsternal ( IE ) , SWOT Matrix and Matrix SPACE. The results showed that the appropriate strategy for the company AJB Bumiputera 1912 are market penetration, product development and market development , which means that with this strategy the company seeks to expand its operations and directing available resources to achieve more profitable growth . The conclusion that can be drawn from this research is AJB Bumiputera 1912 companies have a competitive position in the market has not been strong enough in comparison with other similar companies . Advice - advice for firms to promote their business and not compete is the company needs to improve its internal quality in all aspects , especially the optimization of human resources as a key asset . The company also needs to implement the optimization of its marketing promotion through electronic media to keep up with its competitors . Keyword: Marketing Strategies Using SWOT Analysis

Downloads

Published

2013-11-01

Issue

Section

Articles