ANALISIS RASIO UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH MELAKUKAN AKUISISI (Studi Kasus pada PT Alam Sutera Realty Tbk Periode 2008-2016)

Authors

  • Reza Kusumaningtyas
  • Siti Ragil Handayani

Abstract

The added value that the company will obtain after making an acquisition is the basic reason that makes the company make an acquisition. The phenomenon of acquisition in the current era, especially in Indonesia at a high growth peak as reported on the website www.kppu.go.id. The phenomenon of business combination or better known as mergers and acquisitions in Indonesia has an experienced of significant increase in 2015-2016. Business combination is not only done with similar companies but can also be done with non-similar companies. Applied by several companies, one of which is PT Alam Sutera Realty Tbk is a property company that has acquired PT Garuda Adhimatra Indonesia which engaged in tourism. This study uses financial ratios namely the ratio of Liquidity, activity, solvency, profitability, and market value as well as normality and different test t. This study aims to determine differences in the company's financial performance between before and after the acquisition based on the amount of liquidity, activity ratio, solvency ratio, profitability ratio, and market value ratio. This type of research is descriptive with a quantitative approach. The sample used focuses on a company with the period 2008-2016. This study uses the data analysis financial ratios, normality tests, and t-test different.

Kеywords: Acquisition, Liquidity Ratio, Activity Ratio, Solvency Ratio, Profitability Ratio, Market Value Ratio, Normality Test, Different Test.

ÐBSTRÐK

Nilai tambah yang akan diperoleh perusahaan setelah melakukan akuisisi merupakan alasan dasar yang membuat perusahaan tersebut melakukan akuisisi. Fenomena akuisisi pada era sekarang ini, khususnya di Indonesia sedang berada pada  puncak pertumbuhan yang tinggi seperti yang dilansir pada website www.kppu.go.id. Fenomena penggabungan usaha  atau yang lebih dikenal dengan merger dan akuisisi di Indonesia mengalami peningkatan  yang signifikan pada tahun 2015-2016. Penggabungan usaha bukan hanya dilakukan dengan perusahaan sejenis melainkan juga dapat dilakukan dengan perusahaan tak sejenis.  Diterapkan oleh beberapa perusahaan salah satu diantaranya yaitu PT Alam Sutera Realty Tbk merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang property  telah mengakuisisi PT Garuda Adhimatra Indonesia yang bergerak pada bidang pariwisata. Penelitian ini menggunakan  rasio keuangan yaitu Rasio Likuiditas, aktivitas, solvabilitas, profitabilitas, dan nilai pasar serta dilakukan uji normalitas dan uji beda t. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan perusahaan antara sebelum dan sesudah akuisisi berdasarkan rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, dan rasio nilai pasar. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan yang bersifat kuantitatif. Sampel yang di gunakan berfokus pada satu perusahaan dengan periode 2008-2016. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio keuangan, uji normalitas, dan uji beda-t.

Kаtа Kunci: Akuisisi, Rasio Likuiditas, Rasio Aktivitas, Rasio Solvabilitas, Rasio Profitabilitas, Rasio Nilai Pasar, Uji Normalitas,Uji Beda.

Downloads

Published

2018-12-11

Issue

Section

Articles