ANALISIS STRATEGI PEMASARAN E-COMMERCE PADA PRODUK KOSMETIK BUATAN DALAM NEGERI DI KOTA MALANG (Studi pada PT. Emina pada tahun 2017)

Authors

  • Zulfikar Imam Laksananto
  • M. Kholid Mawardi

Abstract

E-commerce or known as electronic commerce constitutes a deployment, purchase, sales, marketing goods and services through electronic systems. E-commerce is defined as economic transactions when buyers and sellers together through the electronic media from the internet form a contract agreement on price and delivery of the goods or services of a specific and complete the transaction through delivery and payment of the appropriate goods or services contract. PT. Emina is a company engaged in the cosmetics located in Malang, East Java. PT. Emina do buy sell and market cosmetic products through internet or media that is often referred to as e-commerce. This research aims to find out how the impact of the application of e-commerce marketing strategies against the sale of cosmetic products. Research methods used in this research is descriptive research with qualitative approach. Data collection methods used are interviews with the triangulation was done to two heads of Division marketing and marketing division employees. Methods of analysis used in this research was the collection of data presentation, Dathan, condensation of the data, the withdrawal of the conclusion and validity of the data.

Keywords: Marketing Strategy, E-commerce

ÐBSTRÐK

E-commerce atau yang dikenal sebagai electronic commerce atau perdagangan elektronik merupakan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik. E-commerce didefinisikan sebagai transaksi ekonomi saat pembeli dan penjual bersama-sama melalui media elektronik dari internet membentuk kontrak perjanjian mengenai harga dan pengiriman barang atau jasa tertentu dan menyelesaikan transaksi melalui pengiriman dan pembayaran barang atau jasa sesuai kontrak. PT. Emina merupakan perusahaan yang bergerak dibidang kosmetik yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. PT. Emina melakukan kegiatan jual beli dan memasarkan produk kosmetik melalui media internet atau yang sering disebut dengan e-commerce. Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak penerapan strategi pemasaran e-commerce terhadap penjualan produk kosmetik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan triangulasi yang dilakukan kepada dua orang kepala dіvіѕі marketіng dan karyawan dіvіѕі marketіng. Metode analіѕіѕ yang dіgunakan dalam penelіtіan іnі adalah pengumpulan datan, penyajіan data, kondenѕaѕі data, penarіkan keѕіmpulan dan keabѕahan data.

Kаtа Kuncі: Ѕtrategі Pemaѕaran, E-commerce


Downloads

Published

2018-11-26

Issue

Section

Articles