PENGARUH INTERNATIONAL BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (Studi Pada Pelanggan Sushi Tei Yogyakarta)

Authors

  • Anggi Sonia Natasha Lolita
  • Suharyono Suharyono
  • Dahlan Fanani

Abstract

This study aims to determine the influence of the International Brand Image on Customer Satisfaction and their impact on Customer Loyalty. Exogenous variables in this study is International Brand Image (X) and endogenous variables in this study is the Customer Satisfaction (Y1) and Customer Loyalty (Y2). Type of research used is explanatory research, with a quantitative approach. The location of this study conducted in Yogyakarta who become SushiTei customers. A sampling technique that uses purposive sampling. Data analysis techniques in this study using descriptive analysis and path analysis, The results showed that the International Brand Image has a significant influence on Customer Satisfaction with the numbers coefficient 0,803,  then the coefficient of determination showed the number of 0,645, which means 64.5% Customer Satisfaction variables are influenced International Brand Image, while the remaining 35.5% Customer Satisfaction variables are influenced by other variables not examined in this study. The results also show the International Brand Image significantly affect customer loyalty that can be seen in figures beta coefficient of 0.521, then customer satisfaction effect on  customer loyalty significantly with the numbers of beta coefficient  0.366, then the coefficient of determination showed the number of 0.712.

Kеywords: International Brand Image, Customer Satisfaction, Customer Loyalty

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh International Brand Image terhadap Kepuasan dan dampaknya pada Loyalitas Pelanggan. Variabel eksogen dalam penelitian ini adalah International Brand Image (X) dan variabel endogen dalam penelitian ini adalah Kepuasan Pelanggan (Y1) dan Loyalitas Pelanggan (Y2). Jenis penelitian yang digunakan yaitu explanatory research, dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di  Daerah Istimewa Yogyakarta yang menjadi pelanggan Sushi Tei. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa International Brand Image memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan angka koefisien 0,803, kemudian koefisien determinasi menunjukkan angka sebesar 0,645 yang berarti 64,5% variabel Kepuasan Pelanggan dipengaruhi International Brand Image, sedangkan sisanya 35,5% variabel Kepuasan Pelanggan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini. Hasil penelitian juga menunjukkan International Brand Image berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan yang dapat dilihat pada angka koefisien beta sebesar 0,521, kemudian Kepuasan Pelanggan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan secara signifikan dengan angka koefisien beta sebesar 0,366, kemudian koefisien determinasi menunjukkan angka sebesar 0,712.

Kаtа Kunci: International Brand Image, Kepuasan, Loyalitas Pelanggan

Downloads

Published

2018-11-07

Issue

Section

Articles