ANALISIS PERBEDAAN ANTARA SHOPPING LIFESTYLE DAN STATUS CONSUMPTION PADA GENERASI X, Y, Z ( Survei Tentang Hijab Fashion Pada Wanita Berhijab di Jakarta)
Abstract
Indonesia is one the biggest Moslem fashion consumption in the world till it ranked fifth by the Global Islamic Economy Report in 2016. The rapid development of hijab fashion became one of the motivations of hijabi women of X, Y, Z generation to spend and triggered off to consume the up to date fashion items. The consumer personality differences between each generation group will affect the characteristic of shopping style and consumption status in each generation. The method used in this research is comparative descriptive with quantitative approach. The sample of 152 respondents are hijabi women in Jakarta. The sampling technique used is incidental sampling technique. The data collected was obtained by distributing the questionnaires and using a one way anova analysis. The results of this research shows that shopping lifestyle and status consumption which measured by using fashion consciousness, shopping conscious, brand consciousness, impulsive buying and consumption status have significant differences among X, Y, Z generation.
Kеywords: Hijab Fashion, X generation, Y generation, Z generation, Generation Group, Cohort, Shopping Lifestyle, Status Consumption.
ÐBSTRÐK
Indonesia merupakan salah satu negara dengan konsumsi fesyen busana muslim terbesar di dunia sehingga menduduki peringkat ke 5 berdasarkan Global Islamic Economy Report tahun 2016. Ekspor fesyen muslim negara Indonesia berada di peringkat ke 3 setelah Bangladesh dan Turki. Perkembangan fesyen hijab yang bergerak cepat kemudian menjadi salah satu motivasi dari wanita berhijab Generasi X, Y, dan Z untuk melakukan pembelanjaan serta terdorong untuk mengonsumsi barang fesyen yang up to date. Perbedaan dalam kepribadian konsumen antar kelompok generasi ini yang akan mempengaruhi karakteristik Shopping Style dan Status Consumption pada masing- masing generasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 152 orang responden yang merupakan wanita berhijab di kota Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Incidental Sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner dan menggunakan analisis one way anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara Shopping Lifestyle dan Status Consumption yang diukur menggunakan Fashion Consciousness, Shopping Conscious, Brand Consciousness, Impulsive Buying, dan Status Consumption pada Generasi X, Y, Z.
Kаtа Kunci: Fesyen Hijab, Generasi X, Generasi Y, Generasi Z, Kelompok Generasi, Cohort, Shopping Lifestyle, Status Consumption.