PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS (Studi Pada Pelanggan Taman Indie Resto Malang)

Authors

  • Riza Saraswati

Abstract

Key to the success of a product or brand is excellent experience with creating products that can be felt by consumers. Not only functional benefits gained by consumers, but also the best and exciting experience when consuming a product. Offers given by companies to their customers can be a commodity, goods, services, and experience (Pine and Gilmore, 1999:98). Referring to the current conditions it is used a form of marketing that tries to analyze consumers using psychological models in analyzing consumer behavior that is experiential marketing. In this approach, marketers create products or services by touching the senses, hearts, and minds of consumers. Products can touch consumers in a positive emotional value can be made ​​between the company and memorable experience. The aim of this study is to determine the effect of variable sense, feel, think, act, relate, and people on customer loyalty Taman Indie Resto Malang either partially or joint-equal and independent variables which determine the dominant influence on the dependent variable. The samples in this study were 96 respondents who are customers Taman Indie Resto. The analysis technique used is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. Results of multiple linear regression analysis showed that the variable sense, feel, think, act, relate, and people have a significant effect on customer loyalty Taman Indie Resto. From these results also can be seen that the variables are independent variables which act dominant influence on customer loyalty.

Keywords: Experiential Marketing, Sense, Feel, Think, Act, Relate, People, Customer Loyalty

Abstrak

Kunci keberhasilan suatu produk atau merek adalah excellent experience dengan menciptakan produk yang dapat dirasakan oleh konsumen. Tidak semata manfaat fungsional yang didapat oleh konsumen, tetapi juga pengalaman yang terbaik dan menarik ketika mengkonsumsi suatu produk. Penawaran yang diberikan oleh perusahaan kepada konsumennya dapat berupa komoditi (commodities), barang (goods), layanan (services), dan pengalaman (experiences) (Pine and Gilmore, 1999:98). Mengacu pada kondisi saat ini maka digunakanlah suatu bentuk pemasaran yang mencoba menganalisis konsumen dengan menggunakan model-model psikologis dalam menganalisis perilaku konsumen yaitu experiential marketing. Dalam pendekatan ini, pemasar menciptakan produk atau jasa dengan menyentuh panca indra, hati, dan pikiran konsumen. Produk dapat menyentuh nilai emosional konsumen secara positif dapat menjadikan memorable experience antara perusahaan dan konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel sense, feel, think, act, relate, dan people terhadap loyalitas pelanggan Taman Indie Resto Malang baik secara parsial maupun secara bersama-sama serta menentukan variabel bebas mana yang berpengaruh dominan terhadap variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 orang responden yang merupakan pelanggan Taman Indie Resto. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel sense, feel, think, act, relate, dan people berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Taman Indie Resto. Dari hasil tersebut pula dapat diketahui bahwa variabel act merupakan variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan.

Kata kunci : Experiential Marketing, Sense, Feel, Think, Act, Relate, People, Loyalitas Pelanggan

 

 

Downloads

Published

2013-10-21

Issue

Section

Articles