PENGARUH FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 yang Membeli dan Menggunakan Smartphone Samsung)

Authors

  • . Sartia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bahwa Kebudayaan, Kelas Sosial, Kelompok Referensi, dan Keluarga merupakan pembentuk faktor eksternal, mengetahui pengaruh Kebudayaan, Kelas Sosial, Kelompok Referensi, dan Keluarga secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap keputusan pembelian, dan mengetahui variabel mana di antara faktor eksternal yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa, faktor eksternal memiliki empat faktor yaitu Keluarga (X1), Kelas Sosial (X2), Kelompok Referensi (X3), dan Kebudayaan (X4). Keempat faktor tersebut, kemudian dimasukkan ke dalam analisis regresi linier berganda sebagai variabel bebas yang mempengaruhi variabel terikat yaitu Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan Keluarga (X1), Kelas Sosial (X2), Kelompok Referensi (X3), dan Kebudayaan (X4) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai Fhitung sebesar 29,946 dan probabilitas 0,000. Besar kontribusi variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap Struktur Keputusan Pembelian sebesar 0,502 atau 50,2% sedangkan sisanya sebesar 49,8% akan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial Keluarga (X1), Kelas Sosial (X2), Kelompok Referensi (X3), dan Kebudayaan (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Kelas Sosial (X2) merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai koefisien beta sebesar 0,476. Kata kunci : keluarga, kelas sosial, kelompok referensi, kebudayaan, struktur keputusan pembelian Abstract This study aims to determine and explain that the Culture, Social Class, Reference Groups, and Families is forming external factors, determine the effect of Culture, Social Class, Reference Groups, and family simultaneously and partially on the purchase decision, and know which variable among the dominant influence of external factors on purchasing decisions. Results of factor analysis show that, external factors have four factors: Family (X1), Social Class (X2), Reference Group (X3), and Culture (X4). These four factors, then put into the multiple linear regression analysis as independent variables that affect the dependent variable is the structure of the purchase decision (Y). Results of multiple linear regression analysis show Family (X1), Social Class (X2), Reference Group (X3), and Culture (X4) are simultaneously create significant effect on Purchase Decision Structure (Y) with a value of 29,946 and probability F-test 0,000. The major contribution of the independent variables simultaneously structure the purchase decision of 0,502 or 50,2% while the remaining 49,8% will be influenced by other variables that are not addressed in this study. t-test results show that partially Family (X1), Social Class (X2), Reference Group (X3), and Culture (X4) have a significant positive effect on Purchase Decision Structure (Y). Social class (X2) is a variable that has a dominant influence on Purchase Decision Structure (Y) with a beta coefficient of 0,476. Keyword: family, social class, reference group, culture, purchase decision structure

Downloads

Published

2013-10-17

Issue

Section

Articles