PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEGUNAAN TERHADAP PENGGUNAAN MOBILE BANKING (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Mobile Banking Universitas Brawijaya

Authors

  • Abi Fadlan
  • Rizki Yudhi Dewantara

Abstract

The information system is an important component that can support the functions and operational activities in an organization or company. The current information system has been widely used in various business fields, one of which is the banking system. Speaking of banking, it cannot be separated from banking activities such as financial transactions. Transactions will be easier to do using mobile banking because with mobile banking financial transaction activities can be done quickly and easily. In this globalization today everyone has a lot of mobility, such as paying to buy using the internet and many sellers who sell on the internet. Therefore, it aims to explain and analyze the influence of 1) Variable perception of ease of use of mobile banking and 2) Variable perception of usefulness to the use of mobile banking. This research uses explanatory reseach method with quantitative approach. The object of this study is all students of Universitas Brawijaya who use mobile banking. The analytical method used is descriptive analysis and multiple linear regression analysis.

Keywords : Perception Ease of Use, Perception of Usefulness and Mobile Banking Usage

ÐBSTRÐK

Sistem informasi merupakan komponen penting yang dapat mendukung fungsi dan kegiatan operasional dalam suatu organisasi atau perusahaan. Sistem infomrasi saat ini telah banyak digunakan pada berbagai bidang usaha, salah satunya sistem perbankan. Berbicara tentang perbankan, maka tidak lepas dari kegiatan perbankan seperti transaksi keuangan. Transaksi akan lebih mudah dilakukan menggunakan mobile banking karena dengan mobile banking kegiatan transaksi keuangan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Diera globalisasi saat ini setiap orang mempunyai mobilitas yang sangat banyak, seperti kegiatan bayar beli menggunakan internet dan banyak penjual yang berjualan di internet. Maka dari itu bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh 1) Variabel persepsi kemudahan terhadap penggunaan mobile banking dan 2) Variabel persepsi kegunaan terhadap penggunaan mobile banking. Penelitian ini menggunakan metode penelitian penjelasan (explanatory reseach) dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Universitas Brawijaya yang menggunakan mobile banking. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.

Kata kunci : Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan Dan Penggunaan Mobile Banking

Downloads

Published

2018-09-12

Issue

Section

Articles