PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN EXPERIENTIAL VALUE TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION ( Survei pada Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Jurusan Perikanan Angkatan 2014/2015 Pengguna Lipstik Wardah )

Authors

  • Ardhini Karin Wardani
  • Zainul Arifin
  • Inggang Perwangsa Nuralam

Abstract

Experiential Marketing is one way to get customers to experience through the five senses, such as sense senses, taste sense (senses), create an experience, create (Think), create (act), create (relate). Experiential Value is relevant for social stimulation, which improves consumer shopping experience. The application of experiential marketing concept and experiential value in this day and age is very helpful for the way of marketing, because with this concept the company tries to present a unique, positive and impressive experience to the consumers, from here can realize Customer satisfaction because with the experience the consumers feel satisfaction. This type of research is explanatory research with survey method to look at the relationship between variabel-variable within the concept of Experiential Marketing and Experiential Value to Customer Satisfaction consisting of: Sense, feel, think, act, and relate, Experiential Value of the dependent variable is Customer Satisfaction.  used in this study was a questionnaire, number of samples in this study as many as 100 users Lipstick Wardah determined by the sample using purposive sampling technique. Analysis of the data used is descriptive analysis, the classical assumption test and multiple linear regression analysis.

Kеywords: Experiental Marketing, Experiental Value, Customer Satisfaction

ÐBSTRÐK

Experiential Marketing merupakan salah satu cara untuk membuat pelanggan mendapatkan sebuah pengalaman melalui panca indera, seperti halnya indera perasa, indera pengecap (sense), menciptakan sebuah pengalaman (feel), menciptakan (Think), menciptakan (act), menciptakan (relate). Experiential Value relevan untuk memperoleh stimulasi sosial, yang meningkatkan pengalaman belanja konsumen. Penerapan Konsep experiential marketing dan experiential value pada zaman sekarang ini sangat membantu jalan nya pemasaran, karena dengan konsep ini perusahaan berusaha menghadirkan pengalaman yang unik, positif dan mengesankan kepada para konsumen, dari sini dapat mewujudkan Customer satisfaction karena dengan adanya pengalaman tersebut konsumen merasa puas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory dengan metode survei untuk melihat adanya hubungan antara variabel-variabel dalam konsep Experiential Marketing dan Experiential Value terhadap Customer Satisfaction yang terdiri dari: Sense, feel, think , act, dan relate, Experiential Value terhadap variabel terikat yaitu Customer Satisfaction. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang pengguna Lipstik wardah yang ditentukan dengan teknik sampel menggunakan Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda.

Kаtа Kunci: Experiental Marketing, Experiental Value, Customer Satisfaction


Downloads

Published

2018-09-03

Issue

Section

Articles