PENGARUH PERSEPSI PENGGUNA TEKNOLOGI INFORMASI, KEMUDAHAN, RISIKO, FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT DAN PENGGUNAAN ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (ATM) (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Ponggok Kabupaten Blitar)

Authors

  • Mahisa Bima Sakti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh persepsi pengguna teknologi informasi, kemudahan, risiko, fitur layanan terhadap minat dan penggunaan ATM. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh persepsi pengguna teknologi informasi, kemudahan, risiko, dan fitur layanan memberikan hasil yang sangat kuat terhadap terhadap minat. Namun, saat mempengaruhi secara langsung variabel penggunaan ATM, kekuatan pengaruh dari variabel persepsi pengguna teknologi informasi, kemudahan, risiko, dan fitur layanan menurun. Berbeda dengan kekuatan pengaruh dari variabel minat terhadap variabel penggunaan ATM yang sangat kuat. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa untuk mempengaruhi variabel penggunaan ATM maka persepsi pengguna teknologi informasi, kemudahan, risiko, dan fitur layanan membutuhkan minat sebagai variabel intervening. Kata kunci : Teknologi Informasi, Kemudahan, Risiko, Fitur Layanan,Minat Abstract This study aims to describe and analyze the influence of user perceptions of information technology, ease, risk, interest and feature service for ATM use. Types of research used in this study is the kind of explanatory research with quantitative approach. Results of this study showed that the influence of the User perception of information technology, ease, risk, and feature services provide very strong results for the interest. However, when the variables directly affect the use of ATM, the effect of variable strength user perception of information technology, ease, risk, and feature services declined. In contrast to the strength of the effect of variable interest in a variable use of ATM is very strong. The results also prove that the use of variables to affect the ATM user perceptions of information technology, ease, risk, and feature service requires interests as an intervening variable. Keyword: Information Technology, Ease, Risk, Service Features, Interest

Downloads

Published

2013-10-11

Issue

Section

Articles