ANALISIS STRATEGI PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA DI TAMAN HUTAN KOTA (TAMAN BONDAS) BATU

Authors

  • Abdiel Remalya Suliyanto
  • Sunarti Sunarti
  • Edriana Pangestuti

Abstract

Batu Tourism City is one of the areas in East Java Province that focuses on tourism development, especially through green open space. The City Forest Park (Taman Bondas) Batu is one of the green open spaces in Batu Tourism City which is still deserted due to lack of promotion is existence, so the researcher raises the title " Strategy Analysis of Promotion in Efforts to Increase Tourist Visits in the City Forest Park (Taman Bondas) Batu ". This research used descriptive method with qualitative approach with data reduction analysis, data model (data display) and withdrawal or verification conclusion. The result of the research showed that the promotion strategies of City Forest Park (Taman Bondas) Batu in an effort to increase tourist visit are: 1. Advertising 2. Sales Promotion 3. Personal Selling 4. Public Relation 5. Word of Mouth Marketing (WoMM) 6. Direct Marketing. There are factors that support and inhibit the strategy of City Forest Park promotion (Taman Bondas) Batu on its effort to increase tourist visits which coming from internal or external.

Keywords: Promotion Strategy, City Forest Park

ÐBSTRÐK

Kota Wisata Batu adalah salah satu daerah yang ada di Provinsi Jawa Timur yang fokus terhadap pengembangan wisata, khususnya melalui ruang terbuka hijau. Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu adalah salah satu ruang terbuka hijau yang masih sepi kunjungannya dikarenakan kurangnya promosi tentang keberadaan Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu ini, sehingga peneliti mengangkat judul “Analisis Strategi Promosi dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisata di Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batuâ€.  Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan analisis reduksi data, model data (data display) dan penarikan atau verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian didapat bahwa strategi promosi Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata adalah: 1. Periklanan (Advertising) 2. Promosi Penjualan (Sales Promotion) 3. Personal Selling 4. Hubungan Masyarakat (Public Relation) 5. Word of Mouth Marketing (WoMM) 6. Pemasaran Langsung (Direct Marketing). Terdapat faktor-faktor yang mendukung dan menghambat strategi promosi Taman Hutan Kota (Taman Bondas) Batu dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata yang berasal dari internal maupun eksternal.

Kаtа Kunci: Strategi Promosi, Taman Hutan Kota

Downloads

Published

2018-08-27

Issue

Section

Articles