PENGARUH DAYA TARIK IKLAN RASIONAL DAN DAYA TARIK IKLAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Online Pada Konsumen Wanita Muslim yang Membeli Produk Sunsilk Hijab di Kota Malang)

Authors

  • Hani Fajriani
  • Suharyono Suharyono
  • Aniesa Samira Bafadhal

Abstract

The aim of this study are: 1) to know and explain the influence of rational advertisement appeal on purchasing decisions. 2) To know and explain the influence of emotional advertisement appeal on purchasing decisions. 3) To know and explain the influence of rational advertisement appeal and emotional advertisement appeal on purchasing decisions. The type of research used is explanatory research with purposive sampling technique. Data collection method used is online survey distributed to Malang City through social media towards 116 respondents. Data analysis technique used for this research is descriptive analysis and linear regression analysis. The result of this research showed that the Rational Appeal on Advertisement variable (X1) has significant effect on Purchasing Decision (Y) with beta coefficient value of 0.579 and probability t value is 0.002 (0.002 < α = 0.05). The Emotional Appeal on Advertisement variable (X2) has significant effect on purchasing decision (Y) with beta coefficient value of 0.835 and probability t value is 0.000 (0.000 < α = 0.05). Rational Appeal on Advertisement variable (X1) and Emotional Appeal on Advertisement variable (X2) has significant effect on purchasing decision (Y) with probability level of 0.000 (0.000 < α = 0.05).

Keywords : Rational Appeal on Advertisement, Emotional Appeal on Advertisement, and Purchasing Decision

ÐBSTRÐK

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Daya Tarik Iklan Rasional terhadap Keputusan Pembelian. 2) Untuk mengetahui dan menjelaskan Daya Tarik Iklan Emosional terhadap Keputusan Pembelian. 3) Untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Daya Tarik Iklan Rasional dan Daya Tarik Iklan Emosional terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cara Purposive Sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan survei online yang disebarkan ke Kota Malang melalui media sosial sebanyak 116 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Daya Tarik Iklan Rasional (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai koefisien beta sebesar 0.579 dan tingkat signifikansi t sebesar 0.002 (0.002 < α = 0.05) variabel Daya Tarik Iklan Emosional (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai koefisien beta sebesar 0.835 dan tingkat signifikansi t sebesar 0.000 (0.000 < α = 0.05) variabel Daya Tarik Iklan Rasional (X1) dan Daya Tarik Iklan Emosional (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan tingkat probabilitas sebesar 0.000 (0.000 < α = 0.05).

Kata kunci : Daya tarik Iklan Rasional, Daya Tarik Iklan Emosional, Keputusan Pembelian

 

Downloads

Published

2018-08-21

Issue

Section

Articles