PENGARUH EVENT PARIWISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei pada Wisatawan Domestik yang Berkunjung ke Event Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi)

Authors

  • Daniel Fransiscus Simanjuntak
  • Achmad Fauzi Dh
  • Ari Irawan

Abstract

This research aims to explain: The influence of Tourism Event variabel simultaneously on Tourist Visiting Decision; The influence of Tourism Event variabel partially on Tourist Visiting Decision. This research use explanatory research with quantitive approach. The Variabel used in this study are seven : Festive Spirit (X1), Uniqueness (X2), Authenticity (X3), Hospitality (X4), Theming (X5), Symbolism (X6) and Tourist Visiting Decision (Y). Data collection is obtained through the spreading of questionnaire directly on the Domestic Tourist Visiting the Banyuwangi Festival Event. The sample used in this study amounted to 116 respondents. The sampling technique used is purposive sampling. The data analysis use descriptive analysis and multiple linear regression. The results of this study indicate that Tourism Event variable have a simultaneously and significant affect on Tourist Visiting Decision, Tourism Event variable have a partially and significant affect on Tourist Visiting Decision. Based on research results, it’s better for Banyuwangi District Government to maintain the variable of Tourism Event which are important factor in creating the event to be special. Banyuwangi District Government can maintain the Authenticity variable used in this research and explore the authenticity of Banyuwangi and can apply events held so that it has special and attract tourist.

Kеywords: Event, Tourism, Tourism Event, Visiting Decision.

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: Pengaruh dari variabel Event Pariwisata secara simultan terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan; Pengaruh dari variabel Event Pariwisata secara parsial terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tujuh, yaitu Festive Spirit (X1), Uniqueness (X2), Authenticity (X3), Hospitality (X4), Theming (X5), dan Symbolism (X6) dan Keputusan Berkunjung Wisatawan (Y). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara langsung pada Wisatawan Domestik yang Berkunjung ke Event Banyuwangi Festival. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 116 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel dari Event Pariwisata berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan, kemudian variabel dari Event Pariwisata berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mempertahankan variabel dari Event Pariwisata yang merupakan faktor penting dalam menciptakan event menjadi spesial. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dapat mempertahankan variabel Authenticity yang digunakan dalam penelitian ini dan menggali lebih dalam lagi keaslian yang dimiliki Kabupaten Banyuwangi dan dapat menerapkan ke dalam event-event yang diselenggarakan sehingga memiliki keistimewaan dan menarik perhatian wisatawan.

Kаtа Kunci: Event, Pariwisata, Event Pariwisata, Keputusan Berkunjung.

 

Downloads

Published

2018-08-21

Issue

Section

Articles