PENERAPAN BLUE.OCEAN STRATEGY (BOS) DALAM USAHA MEMASUKI PASAR INTERNASIONAL (Studi pada UMKM Pricilla Jilbab Bolak Balik)

Authors

  • Sarah Melinda Arifin
  • Yusri Abdillah

Abstract

The aims of this study are (1) Knowing the external and internal environment of Pricilla Jilbab Bolak.Balik (2) To analyze blue ocean strategy of Pricilla.Jilbab.Bolak.Balik in creating product’s innovation (3) Knowing the application of blue.ocean strategy of Pricilla.Jilbab bolak.balik in creating and expanding international market, (4) Knowing the implementation’s. sustainability of blue ocean strategy in Pricilla Jilbab Bolak Balik. The results of this study provide the fact that Pricilla is a company that provides social value in the workers’s recruitment, and use the social value in its sales of product. The next fact is Grand Strategy Matrix and Pricilla’s Canvas Strategy shows the company's ability to start expanding markets and delivering product variations, but it has not been fully implemented because the company needs to strengthening in one market segment first. The conclusion obtained in this research is Pricilla’s formulation of blue ocean take focus on company’s Research and Development in creating value innovation. Pricilla’s Research and Development is the key to success in reform its blue ocean strategy through divergence of products. In addition, companies are still often trapped in red ocean when trying to beat competitors.

Keywords : Strategy, Blue Ocean, SME Development, International Market

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui lingkungan eksternal dan internal pada Pricilla Jilbab Bolak Balik, (2) Mengetahui analisis bisnis blue ocean strategy dalam menciptakan inovasi produk pada Pricilla Jilbab Bolak Balik, (3) Mengetahui penerapan blue ocean strategy pada Pricilla Jilbab Bolak Balik dalam menciptakan.dan memperluas pasar internasional, (4) Mengetahui keberlanjutan penerapan blue.ocean strategy di Pricilla Jilbab Bolak Balik. Hasil penelitian ini memberikan fakta bahwa Pricilla merupakan perusahaan yang mengutamakan nilai sosial dalam perekrutan pekerja, dan menggunakan nilai sosial dalam penjualan produk. Fakta selanjutnya adalah Matriks Grand Strategi dan Kanvas Strategi Pricilla menunjukkan kemampuan perusahaan untuk mulai memperluas pasar dan memberikan variasi produk, namun hal tersebut belum sepenuhnya dilaksanakan karena diperlukan penguatan pada satu segmen pasar terlebih dahulu. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah formulasi blue ocean yang diterapkan Pricilla berfokus pada research and development perusahaan dalam menciptakan inovasi nilai. Research and development Pricilla menjadi kunci kesuksesan dalam memperbarui strategi blue ocean-nya melalui divergensi produk. Selain itu, perusahaan masih seringkali terjebak dalam red ocean saat berusaha mengalahkan pesaing.

Kata kunci : Strategi, Samudra Biru, Pengembangan UMKM, Pasar Internasional

Downloads

Published

2018-08-10

Issue

Section

Articles