ANALISIS PERBANDINGAN INTENSI KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA (Survei pada Mahasiswa di Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Ciputra Surabaya)

Authors

  • Rizki Kurniawan
  • Brillyaness Sanawiri

Abstract

This study aims to know and explain the differences in personal attitudes, subjective norms, perceived behavior control, entrepreneurial intentions on students. Students who was surveyed in this research are students of Universitas Brawijaya Malang and Universitas Ciputra Surabaya. Students who became the research subject are the students related to business majors and final force that is 2014 and 2015. This research used explanatory research with survey method through quantitative approach. The population in the study are students majoring in business and final force of 2014 and 2015 in Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Ciputra Surabaya. Sampling in this research using saturated sampling technique. The questionnaire was returned by 116 respondents per university. The data was analyzed using descriptive and non-parametric test of mean comparation. The results of this study indicate that: (1) there are no significant differences of personal attitudes, subjective norms, perceived behavior control, entrepreneurial intentions variable in Universitas Brawijaya Malang and Universitas Ciputra Surabaya. (2) Universitas Ciputra Surabaya has higher average rating on all variable compared to Universitas Brawijaya

Keywords: Personal Attitudes, Subjective Norms, Perceived Behavior Control, Entrepreneurial Intentions, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Ciputra Surabaya.

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang perbedaan personal attitudes, subjective norms, perceived behavioural control, dan entrepreneurial intention pada mahasiswa Universitas Brawijaya Malang dan  Universitas Ciputra Surabaya. Mahasiswa yang dijadikan survei pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Ciputra Surabaya. Mahasiswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang berkaitan dengan jurusan bisnis dan angkatan akhir yaitu 2014 dan 2015 Penelitian ini menggunakan explanatory research dengan metode survei melalui pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa jurusan yang berkaitan dengan bisnis dan angkatan akhir yaitu 2014 dan 2015 di Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Ciputra Surabaya. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Kuisioner yang kembali sebesar 116 orang responden tiap universitas. Analisis data secara deskriptif dan uji beda rata-rata non-parametrik.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari variabel personal attitudes, subjective norms, perceived behavioural control, dan entrepreneurial intention pada Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Ciputra Surabaya. (2) Universitas Ciputra Surabaya mempunyai peringkat rata-rata variabel yang lebih besar pada seluruh variabel dibandingkan dengan Universitas Brawijaya Malang.

Kata kunci: Personal Attitudes, Subjective Norms, perceived behavioural control, entrepreneurial intention, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Ciputra Surabaya


Downloads

Published

2018-08-10

Issue

Section

Articles