PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP TRUST DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 Tahun Akademik 2017/2018 Pembeli Produk Oppo Smartphon

Authors

  • Althaf Revi Kanitra
  • Andriani Kusumawati

Abstract

This research aims to: (1) determine the effect of country of origin on trust; (2) determine the effect of online consumer review on trust; (3) determine the effect of country of origin on purchasing decision; (4) determine the effect of online consumer review on purchasing decision (5) determine the effect of trust on purchasing decision. This type research used explanatory research with quantitative approach. The sample was 116 Undergraduate Student of Administrative Sciences Faculty, Brawijaya University batch 2015/2016 and 2016/2017 Academic Year 2017/2018 buyer of Oppo Smartphone Product. Data collection methods used in this research was a questionnaire. Data analysis techniques used in this research are descriptive statistical analysis and path analysis. The results of this research indicate: (1) the significant influence from country of origin on trust; (2) the significant influence from online consumer review on trust; (3) the significant influence from country of origin on purchasing decision; (4) the significant influence from online consumer review on purchasing decision; (5) the significant influence from trust on purchasing decision.

Kеywords: Country of Origin, Online Consumer Reviews, Trust, Purchasing Decisions

ÐBSTRÐK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui pengaruh country of origin terhadap trust; (2) untuk mengetahui pengaruh online consumer review terhadap trust; (3) untuk mengetahui pengaruh country of origin terhadap keputusan pembelian; (4) untuk mengetahui pengaruh online consumer review terhadap keputusan pembelian; (5) untuk mengetahui pengaruh trust terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 116 responden yang merupakan mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 Tahun akademik 2017/2018 yang mengetahui negara asal dan pernah melihat video review produk secara online serta pernah membeli produk Oppo Smartphone. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path Analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) adanya pengaruh yang signifikan dari variabel country of origin terhadap variabel trust; (2) adanya pengaruh signifikan dari variabel online consumer review terhadap variabel trust; (3) adanya pengaruh yang signifikan dari variabel country of origin terhadap variabel keputusan pembelian; (4) adanya pengaruh signifikan dari variabel online consumer review terhadap variabel keputusan pembelian; (5) adanya pengaruh signifikan dari variabel trust terhadap variabel keputusan pembelian.

Kаtа Kunci: Country of Origin, Online Consumer Review, Trust, Keputusan Pembelian

 

Downloads

Published

2018-08-09

Issue

Section

Articles