PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi pada Mahasiswa SI Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahun 2009/2010 Pengguna Handphone Nokia)

Authors

  • Wahyu Yuli Tri Bodro Sari

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung dari variabel kepercayaan merek yang terdiri dari Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Karakteristik Konsumen-Merek dan Loyalitas Merek terhadap Handphone Nokia pada Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahun Angkatan 2009/2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (Explanatory Research). Metode pengumpulan data yang digunakan  adalah dengan menyebar kuesioner kepada mahasiwa S1 Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Tahun Angkatan 2009/2010 yang menggunakan Handphone Nokia sebanyak 102 orang responden, dengan teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kepercayaan Merek yang terdiri dari Karakteristik Merek (X1), Karakteristik Perusahaan (X2), Karakteristik Konsumen-Merek (X3) mempunyai pengaruh positif terhadap variabel Tingkat Loyalitas Merek. Hal ini dapat dijadikan sebagai bentuk informasi bagi PT. Nokia untuk dapat memelihara dan mengembangkan Kepercayan Merek yang telah dibangun, semakin tingginya kepercayaan konsumen terhadap merek maka akan semakin tinggi pula loyalitas konsumen terhadap merek.

Kata kunci : Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Karakteristik Konsumen-Merek, loyalitas merek

Abstract

The purpose of this study was to clarify the effect, directly or indirectly, from brand trust variables consisting of Characteristics Brand, Company Characteristics, Characteristics of Consumer-Brand and Brand Loyalty for Mobile Nokia on S1 Student Department of Business Administration Faculty of Administrative Science Year Force 2009/2010. This type of research is the study explanation (explanatory research). Data collection method used is to spread out questionnaires to students S1 Department of Business Administration Faculty of Administrative Science Force Year 2009/2010 which uses mobile phones Nokia as much as 102 respondents, the sampling technique is simple random sampling. Based on the results of the study showed that the variables comprising Brand Trust Brand Characteristics (X1), the Company Characteristics (X2), Characteristics of Consumer-Brand (X3) have a positive effect on the variable level of brand loyalty. It can be used as a form of information for PT. Nokia to be able to maintain and develop a brand that has been built Belief, increasing consumer confidence in the brand then the higher the customer loyalty to the brand.

Keywords: Characteristics Brand, Company Characteristics, Characteristics of Consumer-Brand, Brand Loyalty Level

 

Downloads

Published

2013-10-04

Issue

Section

Articles