PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI MOTIVASI KERJA (Studi pada Karyawan PG. Watoetoelis Sidoarjo)

Authors

  • Rizky Prasetya Hadi
  • Arik Prasetya

Abstract

This research aims to describe of the influence of work environment and situational leadership model toward employee performance through work motivation of PG. Watoetoelis Sidoarjo. Sampling methode used in this research is proportional random sampling methode with 86 respondent of PG. Watoetoelis Sidoarjo employee and analysis methode used in this research is path analysis. The result shown that work environment is significant toward employee motivation, and work environment is significant towards work motivation, for work motivation is not significant toward employee performance, but the situational leadership model is not significant toward employee motivation and the situational leadership model is significant toward employee performance.

Keywords : work environment, employee performance, work motivation and situational leadership model

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh gaya kepemimpinan situasional dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan melalui motivasi kerja. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling dengan 86 responden dari karyawan PG.Watoetoelis Sidoarjo dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis path. Hasilnya adalah lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja, untuk motivasi kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan gaya kepemimpinan situasional berpengaruh tidak signifikan terhadap motivasi kerja, dan gaya kepemimpinan situasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.

Keywords : Gaya Kepemimpinan situasional, lingkungan kerja, kinerja keryawan, Motivasi Kerja

Downloads

Published

2018-08-02

Issue

Section

Articles